Setelah Ditutup Dua Bulan, RSUD Depok Buka Kembali Layanan Rawat Inap

217
Terlihat beberapa orang pasien saat hendak mendaftar di RSUD Depok

Sawangan | jurnaldepok.id
Setelah menutup pelayanan rawat inap (Ranap) beberapa bulan lalu dikarenakan pandemi Covid 19, terhitung kemarin Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok membuka kembali layanan rawat inap bagi pasien non covid.

“Sudah dibuka kembali mulai hari ini (kemarin,red), ada 91 tempat tidur untuk pasien rawat inap non covid, ada di semua lantai kecuali lantai delapan,” ujar Mohammad Idris, Wali Kota Depok, Senin (3/8).

Ia menambahkan, kesiapan itu diikuti juga oleh tenaga medis dan dokter spesialis yang bertugas di RSUD.

“Pelayanan pasien covid dan non covid tentu dibedakan, sampai akses penggunaan lift nya pun dibedakan. Jika pasien covid langsung menuju ke lantai delapan tidak berhenti di setiap lantai,” paparnya.

Direktur RSUD Kota Depok, Devi Maryori menambahkan ada pengurangan tempat tidur di setiap kamar rawat inap pasien non covid dikarenakan harus jaga jarak.

“Jarak antara tempat tidur tidak sperti biasa, yang tadinya kelas tiga ada tujuh tempat tidur, sekarang hanya lima tempat tidur. Begitu juga di kelas dua, dari lima tempat tidur menjadi empat tidur,” tandasnya.

Hal itu, kata dia, dilakukan tak lain untuk mengikuti protocol kesehatan dan untuk membatasi penunggu pasien.

“Sebelumnya ada 131 tempat tidur untuk pasien covid dan non covid, tadinya sampai lantai tujuh saja, namun sekarang lantai delapan juga digunakan. 91 tempat tidur untuk pasien ranap non covid sementara untuk pasien covid 40 tempat tidur,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk penunggu pasien rawat inap non covid jumlahnya dibatasi.

“Yang boleh ditunggu hanya pasien anak-anak, lansia dan disabilitas, yang lain tidak boleh ditunggu,” jelasnya.

Kalaupun ditunggu, sambungnya, jumlahnya hanya satu orang dan harus siap diperiksa suhu tubuh setiap harinya.

“Jika ada yang mengarah ke covid kami akan evaluasi dan harus diganti penunggunya serta akan dilakukan pemeriksaan lanjutan,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here