Tak Mau Ada Kasus Hukum, KPU Antisipasi Sengketa Pilkada

26
Ketua KPU saat memberikan sambutan di acara bimbingan teknis sengketa pilkada

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok menggelar kegiatan Penyuluhan Penyusunan Kronologi dan Jawaban Sengketa Pemilihan untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Depok pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok Tahun 2020 di Lorin Sentul Hotel-Bogor, Selasa-Rabu (28-29/7/2020).

“Salah satu target yang ingin kami capai dalam perhelatan pilkada tahun ini adalah zero sengketa,
walau demikian selama tahapan pilkada tidak menutup kemungkinan hal tersebut bisa saja terjadi, baik terkait hasil pemilihan, tahapan, kode etik dan lain sebagainya,” ujar Nana Shobarna, Ketua KPU Depok, kemarin.

Untuk mengantisipasi agar permasalahan tidak berujung pada konflik yang berkepanjangan, kata dia, maka KPU Kota Depok dan jajaran selaku penyelenggara pilkada harus siap dalam menghadapi berbagai potensi sengketa dan permasalahan yang akan muncul tersebut.

“Maka kami mengajak kepada seluruh jajaran dengan kegiatan ini untuk dapat mengantisipasi hal tersebut sejak dini. Kami juga berharap kepada PPK dan jajaran harus hati-hati, serius, teliti dan cermat dalam melaksanakan semua tahapan pilkada, jangan anggap sepele jika ada permasalahan apapun yang sedang dihadapi,” paparnya.

Nana juga berpesan kepada PPK/PPS dan Sekretariat untuk selalu menjalin hubungan baik dengan semua stakeholder, koordinasi dan komunikasi harus terus dijalin dengan baik, dengan semua pihak tanpa terkecuali. Karena dengan koordinasi dan komunikasi yang baik inilah yang menjadi kunci penyelenggaraan yang baik.

“Kami semua berharap, pandemi Covid-19 segera berakhir, sehingga kami dapat melaksanakan pesta demokrasi dengan keadaan kondisi yang normal dan masyarakat pun akan antusias untuk datang ke TPS 9 Desember 2020 yang akan datang,” terangnya.

Kegiatan tersebut menghadirkan beberapa narasumber yang berasal dari KPU Provinsi Jawa Barat, Kejaksaan Negeri Depok serta Bawaslu Kota Depok. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here