Fondasi Bangunan Bergeser, Toilet SDN Krukut 01 Terancam Ambrol

63
Terlihat miring pagar toilet SDN 01 Krukut

Limo | jurnaldepok.id
Bangunan toilet SDN Krukut 01 di dekat pagar sekolah kini terancam roboh. Hal ini disebabkan pondasi konstruksi bangunan toilet amblas sehingga bangunan menjadi miring.

Kepada Jurnal Depok, Kepala SDN Krukut 01, Saroji mengatakan, kondisi toilet yang nyaris roboh itu sudah lama dilaporkan ke pihak terkait, dan rencananya tahun ini akan ada pembenahan lahan dan pembongkaran bangunan WC tersebut.

Namun, lanjut dia, sepertinya rencana itu bakal tertunda lantara sebagaian anggaran pembangunan terserap untuk pembiayaan penanggulangan wabah corona.

“Sudah lama kami laporkan ke Disdik dan Dinas terkait, kabarnya tahun ini akan dibenahi, mudah mudahan alokasi perbaikan pondasi dan pembangunan WC tidak terkena Refocusing atau penundaan,” ujar Saroji, kepada Jurnal Depok, kemarin.

Dikatakan Saroji, tak hanya bangunan Toilet, satu unit bangunan yang tadinya difungsikan untuk ruang Kepala Sekolah disejajar bangunan Toilet juga harus dibongkar lantaran posisi kemiringan sudah sangat menghawatirkan.

” Dibagian hilir, itu tadinya ruang Kepala Sekolah, kondisinya sama menjadi miring saat tanah dibawah konstruksi bangunan turun, itu terjadi karena lokasi bangunan itu katanya merupakan eks tempat pembuangan sampah, sehingga tanahnya tidak padat,” imbuhnya.

Saat ditanya soal kebutuhan ruang kelas belajar mengajar, Saroji menururkan untuk sementara ini, jumlah ruang kelas di SDN Krukut 01 sudah cukup mumpuni, setelah beberapa tahun silam mendapat bantuan pembangunan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemerintah Pusat.

“Untuk ruang kelas belajar mengajar sudah tidak terlalu menjadi masalah, meskipun kami masih butuh mungkin untuk ruang penunjang KBM lainnya seperti unuk Laboratorium tapi itu bukan masalah yang terlalu urgent, yang paling penting saat ini pembenahan bangunan yang dipinggir kali karena sudah mau roboh,” tegas Saroji. n Asti Ediawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here