Untuk Menjanmin Kualitas, Hewan Kurban Dicek Kesehatan

17
Petugas Dinas Kesehatan saat memeriksa kesehatan hewan kurban

Cimanggis | jurnaldepok.id
Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Depok melakukan pemeriksaan pada sejumlah hewan kurban di beberapa lokasi di Kota Depok. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pemeriksaan hewan dilakukan secara intens dan cukup ketat pada masa pandemi Covid-19.

Salah satu dokter hewan dari DKP3 Kota Depok, dokter Arif Rahman mengatakan, pemeriksaan kondisi hewan kurban dilakukan untuk memberi rasa aman dan nyaman, baik bagi konsumen maupun pengelola.

Dimana proses pemeriksaan pun dilakukan secara detail untuk memastikan kondisi kesehatan hewan.

“Ini kami cek apakah ada cacat atau enggak, hewannya sehat atau enggak ada kelainan fisik, seperti patah kaki atau enggak. Jadi harus lengkap semua organnya, tidak ada cacat dan sehat,” kata Arif saat ditemui di Mal Hewan Kurban, milik Haji Doni di Jalan M Jasin, Kecamatan Cimanggis, kemarin.

Arif menjelaskan, hewan tersebut dinyatakan sehat secara fisik dapat terlihat dari beberapa kriteria. Untuk masyarakat awam, dirinya menyarankan untuk melihat kondisi fisik hewan secara langsung.

“Kami lihat hewannya cara dia berdiri, dia kokoh dengan empat kaki atau enggak. Kami pegang kakinya. Badannya, kalau ada respons sakit. Kami juga dengar suara jantung dan paru-paru,” tuturnya.

Arif menambahkan, dari hasil pemeriksaan sementara, kondisi hewan yang ia temukan dalam keadaan sehat dan siap untuk kurban.

“Kalau dia kokoh berdiri dengan empat kaki, berarti dia sehat. Kemudian dilihat posisi kepala dan tulang punggung. Kalau posisi kepala tidak sejajar. Atau nunduk berarti kurang sehat. Kami juga memeriksa mulut, mata dan anus,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here