Senin, Drainase Jalan Raya Meruyung Digarap

48
Wali Kota Depok, Mohammad Idris saat meninjau drainase di Jalan Raya Meruyung

Limo | jurnaldepok.id
Wali Kota Depok, Mohammad Idris memastikan kerusakan saluran air (Drainase) di sisi ruas Jalan Raya Meruyung yang bersinggungan dengan Gang Buntu Rt 06/05, Kelurahan Meruyung akan diperbaiki pada, Senin (20/7).

Demikian ditegaskan Idris saat meninjau kondisi kerusakan saluran air (drainase) Jalan Raya Meruyung, kemarin.

Dikatakan Idris, kebijakan menyegerakan perbaikan Drainase di Jalan Raya Meruyung itu mengacu pada kondisi drainase yang memang sudah tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya lantaran telah mengalami pendangkalan sehingga memicu terjadinya genangan air saat hujan turun.

“Saya mendengar banyak keluhan warga disekitar titik kerusakan drainase dekat Gang Buntu di Meruyung, makanya hari ini (kemarin red…) saya bersama Kadis PUPR menyempatkan waktu meninjau lokasi saluran air (Drainase) tersebut,” ujar Idris.

Dikatakan Idris, untuk kerusakan saluran air yang menimbulkan dampak banjir seharusnya perbaikannya tidak ditunda atau dibatalkan.

“Tidak boleh di refocusing kalau sifatnya urgent, makanya saya putuskan untuk kenyamanan warga dan pengguna jalan, saluran dekat Gang Buntu disisi ruas Jalan Raya Meruyung harus segera diperbaiki,” tegas Idris.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dadan Rustandi mengatakan, pelaksanaan perbaikan saluran air (Drainase) Jalan Raya Meruyung dekat Gang Buntu pembiayaan nya akan mengoptimalkan dana cadangan.

“Kami ada cadangan terutama material bangunan yang akan digunakan untuk perbaikan saluran itu, dan kami berharap sebelum dimulai pekerjaan, warga secara swadaya dapat membersihkan dan membenahi lokasi saluran terutama mengeruk lumpur yang memenuhi bidang drainase,” pinta Dadan.

Pada saat bersamaan, Camat Limo, Zaenudin dan Lurah Meruyung, Kecamatan Limo, Lukman Zaelani mengaku sangat bersyukur lantaran keluhan warga selama ini mendapat perhatian dan respon dari Wali Kota.

“Alhamdulillah, Pak Wali langsung merespon keluhan warga kami terkait sering terjadi banjir didekat Gang Buntu yang menggenangi rumah warga dan warung di Rt 06/05,” ujar Deden sapaan akrab Lukman Zaelani.

Terpisah, Sanan, salah satu warga Gang Buntu Rt 06/05, mengungkapkan sudah bertahun rahun warga disekitar Gang Buntu selalu direpotkan oleh genangan air saat turun hujan, hal itu kata dia terjadi lantaran posisi bidang jalan lebih tinggi dari hamparan lahan permukiman dan saluran air yang tak berfungsi.

“Lihat saja posisi bidang jalan lebih tinggi jadi air dari ruas jalan semua tumpah kepermukiman kami,” kata Sanan.

Penuturan serupa dilontarkan oleh Uut Riyani pemilik warung makanan samping Gang Buntu.

“Kalau turun hujan udah pasti disini banjir, dan genangan air sangat lama surutnya karena enggak ada saluran air, kami sangat berterimakasih kepada bapak Wali Kota yang mau datang melihat kondisi saluran air dan akan memperbaikinya, ” tukas Uut.

Terpisah, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, Supian Derry mengaku lega dengan rencana perbaikan Drainase sepajang 190 meter yang bakal menyerap anggaran Rp 380 juta.

“Mudah-mudahan setelah saluran aor ini diperbaiki nanti, warga Gang Buntu tidak lagi kebanjiran saat turun hujan,” tutup Derry. n Asti Ediawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here