Ciptakan Pusat Perekonomian Baru, The Park Sawangan Hadir di ‘Margonda 2’

365
Wali Kota Depok, Mohammad Idris saat meresmikan pusat perbelanjaan The Park Sawangan

Bojongsari | jurnaldepok.id
Rencana Pemerintah Kota Depok untuk mewujudkan kawasan perekonomian baru di Bojongsari menjadi wilayah ‘Margonda 2’ mulai terwujud. Hal itu ditandai dengan diresmikannya pusat perbelanjaan termegah yakni The Park Sawangan di Jalan Raya Parung-Ciputat.

“Wilayah Bojongsari dari tahun ke tahun perkembangannya menggembirakan. Kami apresiasi kepada pelaku usaha dan investor, tanpa campur tangan mereka kami tidak bisa mengembangkan Kota Depok secara merata, ini salah satu pemerataan,” ujar Mohammad Idris, Wali Kota Depok usai meresmikan Pusat Perbelanjaan The Park Sawangan, Kamis (16/7).

Dengan pemerataan tersebut, kata dia, secara tidak langsung akan mengurangi tingkat kemacetan di wilayah Depok seperti halnya di Jalan Raya Margonda dan Jalan Raya Sawangan.

“Saat ini kan pusat perbelanjaan dan ekonomi menumpuk di Margonda, makanya perlu dibuka pusat perekonomian baru untuk pemerataan. Dengan begitu, nantinya juga akan berdampak pada mobilisasi masyarakat,” paparnya.

Pemerintah kota, sambungnya, juga akan memikirkan moda transportasi untuk menunjang kawasan ‘Margonda 2’ di wilayah Bojongsari.

“Ini semua sangat bergantung juga pada rencana pembangunan nasional seperti LRT. Saat ini LRT memang sedikit terhambat, diprediksi hingga awal tahun depan. Sebab jika tidak ada LRT akan sulit menyambungnya untuk MRT dan monorel. Kenapa monorel, karena biaya transportasi relatif lebih murah dan bisa dijangkau oleh masyarakat ketimbang MRT. Kajian ini sudah kami serahkan ke beberapa investor dan sudah ada yang melirik,” ungkapnya.

Teges Prita Soraya, Head of Commercial Marketing NWP Retail, perusahaan induk pengelola The Park Sawangan mengatakan, The Park Sawangan didesain secara modern dan megah oleh firma arsitektur ternama asal Amerika Serikat CallisonRTKL, The Park Sawangan dibangun sejak bulan Oktober 2018, di atas tanah seluas 52.000 m2, dalam bangunan setinggi 5 lantai.

Mall ini memiliki total luas lantai sebesar 56.528 m2 dan luas area yang disewakan (NLA) sebesar 36.000 m2. The Park Sawangan berada di lokasi yang sangat strategis, di tengah-tengah area residensial Sawangan dan Bojongsari, serta dilewati oleh Jalan Raya Parung Ciputat, Kecamatan Bojongsari Kota Depok, yang menjadi penghubung antara Kota Depok, Tangerang, Bogor dan Jakarta.

“Kami merasa bersyukur bahwa di tengah pandemi ini kami masih bisa membuka pusat perbelanjaan yang kami tahu sudah lama dinanti-nanti warga Sawangan, Bojongsari dan sekitarnya. Tentunya kesehatan dan keselamatan para pengunjung merupakan prioritas utama kami. Untuk itu kami sudah mengimplementasikan teknologi terkini yang dapat mencegah penyebaran Covid-19, selain dengan ketat menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah,” jelasnya.

Sebelum secara resmi dibuka, The Park Sawangan telah melakukan pembersihan secara menyeluruh, serta melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area mall. Kegiatan ini dilakukan secara rutin dan berkala, terutama pada bagian-bagian yang sering disentuh seperti handle pintu, handrail eskalator, keran wastafel, serta seluruh ruangan-ruangan yang ada di The
Park Sawangan.

Dalam mengatur dan mengontrol jumlah pengunjung yang masuk ke dalam mall, The Park Sawangan telah menempatkan sejumlah alat penghitung otomatis dengan teknologi Real Time
People Counting di setiap pintu masuk.

“Teknologi ini penting agar kami dapat membatasi jumlah pengunjung yang masuk, yaitu sebanyak 50 persen dari kapasitas, sehingga pengunjung dapat berbelanja dengan aman dan nyaman. Bahkan dari sebelum masuk mall pun, kami sudah menyediakan fasilitas cuci tangan tanpa sentuhan di beberapa pintu masuk utama serta alat pengecekan suhu otomatis,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here