Terhubung Akses Jalan Tol, Raya Sawangan Makin Macet

131
Terlihat menumpuk kendaraan di Jalan Raya Sawangan tepatnya di depan Gerbang Tol Sawangan 4

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Sejak Pintu Tol Sawangan 4 dibuka pada tanggal 3 Juli silam kepadatan kendaraan di Jalur Sawangan raya praktiis meningkat tajam, kondisi ini brrbanding terbalik dengan suasana di Jalan Raya Margonda yang cenderung menjadi lebih lancar lantaran banyak pengendara dari dan menuju wilayah Jakarta men mengalihkan lintasan melalui Jalan Tol Desari.

Abdul Karim, salah satu pengguna Jalan mengaku lebih memilih lintasan Jalan Tol Desari menuju Jakarta dengan dalih dapat mempersingkat waktu tempuh.

“Kalau lewat Jalan Raya Margona saya bida menngabiskan waktu lebih dari satu jam menuju Jakarta, sementara kalau lewat tol, tiga puluh menit saja saya sudah nyampe di Kantor tempat saya kerja di Jakarta,” ujar Karim kepada Jurnal Depok, kemarin.

Penuturan yang sama dikatakan Anwar Sanusi salah satu warga Parung Bingung, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru (RJB), Kecamatan Pancoran Mas.

“Dibukanya pintu Tol Sawangan memang mempercepat waktu tempuh ke Jakarta, bahkan dari Depan Perumahan BDN di Jalan Raya Sawangan, hanya membutuhkan beberapa menit saja sudah nyampe di pintu Top Antasari kawasan Cilandak Jakarta Selatan, dan selanjut para pengguna jalan tinggal memilih mau melanjutkan ke arah mana,” kata Sanusi.

Meski mengaku terbantu dengan kehadiran Tol Depok – Antasari (Desari) namun Sanusi tak menampik adanya peningkatan kemacetan jalan diseputar pintu tol.

“Memang itu konsekwensinya, disatu sisi kita bisa menghemat waktu menuju luar wilayah Depok, namun disisi lain, kondisi lalu lintas diseputar pintu pasti akan menjadi lebih padat yang memicu kemacetan,” tukas Sanusi.

Dia menilai, dibukanya pintu Tol Sawangan 4 tak hanya mengurangi kepadatan kendaraan di Jalan Raya Margonda, namun juga berdampak signifikan bagi pengurangan volume kendaraan yang melintas di Jalan Raya Cinere.

“Banyak pengendara mobil dari arah Sawangan, Bojongsari dan Pancoran Mas bagian barat yang kini mengoptimalkan Jalan Tol Desari, itu yang membuat kemacetan Jalan Raya Cinere dan Jalan Raya Margonda berkurang,” tutup Sanusi. n Asti Ediawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here