Hari Ini Sekolah Mulai Lakukan Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh

79
Salah satu sekolah yang siap melaksanakan PJJ

Beji | jurnaldepok.id
Sekolah Dasar di Kecamatan Beji mempersiapkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang akan diberlakukan pada tanggal 13 Juli 2020 atau pada hari ini.

Kepala Sekolah SDN Beji 4 merangkap Plt Kepala Sekolah SDN Beji 5, Ika Mulyati mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan para guru dan melakukan work shop sesuai dengan petunjuk teknis pendamping pengawasan dari Dinas Pendidikan.

“Peralatannya kami sudah siap, belanja dari dana bos, juknisnya dari Disdik untuk di implementasikan. Waktu PJJ adalah dari 07.00.- 12.00 jadwal pelajaran dari sekolah, selama pelajaran murid dengan menggunakan seragam di rumah, ini perlu adanya pendampingan dari orang tua murid sebagai perhatian khusus,” ujarnya, kemarin.

Dalam pelaksanaan PJJ ini orang tua murid untuk membawa ke sekolah dari pekerjaan rumah (PR) yang diberikan dari PJJ tersebut. Dalam waktu seminggu PR dari PJJ tersebut diletakan dimeja kelas, karena nama murid ada di masing-masing meja kelas.

“Dari monitoring PR tersebut, misalkan ada yang tidak menyampaikan PR dimeja murid, apakah terkendala tidak punya handphone Android, maka guru akan memberikan bimbingan secara langsung datang ke rumah murid. Sekalian membicarakan apa kendalanya kepada orang tua murid dan solusinya,” paparnya.

Dia mengatakan, yang menjadi kendala dalam PJJ ini adalah orang tua murid yang ke dua-duanya bekerja, ketemunya adalah malam hari.

“Kami menginginkan agar dalam PJJ ini orang tua murid untuk mendampingi anaknya dalam proses PJJ,”katanya.

Pendampingan dari pengawas Disdik Kota sangat intens sebelum diberlakukannya PJJ, Insya Allah SDN Beji 4 dan 5 sudah siap melaksanakannnya. Seiring dengan berjalannya PJJ ini kami harapkan masukan-masukan atas kendala-kendala dilapangan agar dapat diperbaiki dan kedepannya berjalan lancar,” ungkapnya.

Di lokasi lain Rela Kusumasari, Kepala SMPN 17 Depok membentuk dua tim untuk menyukseskan PJJ, yaitu tim Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (PembaTIK) yang dikepalai oleh Amirullah, dan tim Pusat Pengembangan Aplikasi Pembelajaran (Pusbangliran) yang dikepalai oleh Piyantoro.

“Tugas tim PembaTIK adalah membantu guru dalam membuat konten-konten video pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Kegiatannya berupa penulisan skenario bersama guru, proses rekamam, cari ilustrasi, editing video dan proses uanggah/upload,” jelasnya.

Tim PembaTIK, kata dia, berada dibawah koordinasi wakil kepala sekolah bidang Humas (hubungan Masyarakat). Sedang tim Pusbangliran adalah tim yang bertugas memberi dukungan kelancaran proses PJJ.

Dukungan tersebut, kata dia, berupa pelatihan kepada guru-guru dalam pengoprasian aplikasi pembelajaran seperti penggunaan Zoom, Whatsapp dan Google Classroom.

“Selain itu, tim ini bertugas membantu kelancaran ketika PJJ sedang berlangsung. Tim Pusbangliran berada dibawah koordinasi wakil kepala sekolah bidang kurikulum,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Mohammad Thamrin mengatakan, pihaknya terus mematangkan persiapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), yang akan digelar pada 13 Juli. Salah satunya dengan menetapkan jam sekolah mulai dari pukul 07.00 – 12.00 WIB.

“Biasanya sekolah mulai pukul 07.30 WIB, kali ini di masa PJJ jam wajib belajar atau sekolah menjadi 07.00 – 12.00 WIB. Keputusan ini berlaku untuk siswa SD dan SMP,” katanya.

Thamrin menegaskan, pada waktu itu nanti anak-anak harus belajar dan tidak boleh berada di luar rumah. Meskipun, materi pelajaran selesai sebelum waktu yang telah ditentukan.

“Selain itu, aturan baru lainnya di masa PJJ, anak harus mengenakan seragam sekolah. Menyesuaikan jadwal setiap harinya,” jelasnya.

Untuk itu, Thamrin, meminta kerjasama dari para orang tua atau wali murid untuk melakukan pengawasan terhadap proses belajar anak.

“Dengan demikian, efektivitas PJJ dapat berjalan secara baik dan lancar. Kebijakan-kebijakan baru ini sebagai upaya perbaikan, agar selama satu semester ini, siswa tetap mendapatkan hak belajarnya, walaupun di tengah pandemi,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here