Cegah Penyebaran Covid 19, Pelaksanaan UTBK Taati Protokol Kesehatan

30
Pesrta UTBK saat mengerjakan soal ujian

Beji | jurnaldepok.id
Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 di kampus Universitas Indonesia (UI) Depok hari pertama hingga saat ini berjalan lancar. Panitia maupun peserta di dalam mematuhi protokol kesehatan saat tes UTBK di tengah pandemi Covid-19

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nizam melakukan peninjauan lokasi pelaksanaan UTBK 2020 di kampus Universitas Indonesia (UI) Depok.

Peninjauan tersebut dilakukan bersama dengan Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo Widyobroto dan didampingi oleh Ketua Pusat UTBK UI/Wakil Rektor UI bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Rosari Saleh di Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan UI.

Turut hadir dalam peninjauan Paristiyanti Nurwadini (Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi) dan Dr. Gunawan, (Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru UI).

Saat kunjungan tersebut, Dirjen Dikti dan rombongan meninjau pelaksanaan protokol kesehatan saat tes UTBK. Mulai dari proses pengukuran suhu sebelum masuk gedung maupun masuk ruang ujian, serta penerapan physical distancing di ruang laboratorium komputer.

Dikatakan Nizam, pelaksanaan UTBK hari pertama hingga saat ini berjalan lancar.

“Maka itu, kami mengapresiasi kerja sama panitia maupun peserta di dalam mematuhi protokol kesehatan saat tes UTBK,” ujarnya, kemarin.

Di tengah pandemi Covid-19, pihaknya berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan bagi calon mahasiswa karena itu hak mereka untuk menempuh perguruan tinggi.

“Tentu dengan mengutamakan kesehatan para peserta serta panitia maupun pengantar. Setiap pusat panitia pelaksana UTBK juga telah berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 agar tes dapat berjalan lancar dan protokol kesehatan juga berjalan dengan baik,” paparnya.

Sementara itu Rosari Saleh menuturkan, kesehatan para calon mahasiswa serta panitia yang bertugas tentu menjadi prioritasnya.

“Pelaksanaan hari pertama dan kedua sejauh ini berjalan lancar. Protokol kesehatan dipatuhi dengan baik. Tingkat kehadiran peserta ujian mencapai di atas 95 persen,” tandasnya.

Dia berharap pelaksanaan UTBK dapat berjalan lancar hingga akhir gelombang kedua dan segenap pihak yang terlibat selalu dilimpahkan kesehatan.

“Kami juga meminta dukungan semua peserta dan para orang tua untuk bekerja sama meminimalisir risiko penyebaran Covid-19,” katanya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here