Pintu Tol Dioperasikan, Jalan Raya Sawangan Semakin Macet Parah

2000
Terlihat kemacetan di Jalan Raya Sawangan pasca pembukaan gerbang Tol Sawangan 4

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Sejumlah pengguna jalan yang biasa melintas diruas Jalan Raya Sawangan mengeluhkan kemacetan di seputar Pintu Tol Sawangan 4 depan Komplek Perumahan BDN.

Urip Winarko, salah satu pengguna jalan mengaku sempat terjebak macet pada, Jum’at sore (3/7) di seputar pintu tol lantaran banyak kendaraan roda empat yang parkir di pinggir jalan mulai dari pintu gerbang perumahan BDN hingga depan Kantor Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas.

“Saya lewat depan BDN pada sekitar pukul 17.00 Jum’at sore, dan waktu itu di sekitar pintu tol macet luar biasa, karena banyak mobil yang parkir di sekitar pintu untuk mencoba jalan tol yang katanya masih gratis,” ujar Urip kepada Jurnal Depok, kemarin.

Pernyataan senada diungkapkan oleh, Zulkarnain salah satu pengendara sepeda motor.

“Sekarang titik kemacetan nambah lagi dengan dioperasikannya Tol Desari dari pintu Tol Sawangan-Brigif, saya sempat merasakan kemacetan pada hari Sabtu, (4/7) saat melintas di ruas Jalan Sawangan tepatnya depan BDN,” tandasnya.

Keluhan para pengguna jalan dibenarkan oleh Heru, salah satu Satpam Perumahan BDN RW 08 Kelurahan Rangkapan Jaya Baru (RJB), Kecamatan Pancoran Mas.

Diakui Heru, semenjak Pintu Tol Sawangan 4 dibuka, tingkat kemacetan di ruas Jalan Raya Sawangan di wilayah perbatasan Kelurahan Rangkapan Jaya dengan Kelurahan Rangkapan Jaya Baru (RJB) relatif meningkat, terutama pada jam masuk dan keluar kerja.

“Memang ada peningkatan kemacetan, terurama pagi dan sore hari pada hari kerja dan siang hari pada hari libur, tapi tingkat kemacetan tidak terlalu signifikan,” kata Heru.

Dikatakan Heru, penyebab kemacetan dikarenakan banyak mobil yang mengurangi kecepatan saat mendekati pintu tol, sehingga terjadi penumpukan kendaraan di belakangnya.

“Sebelum ada tol, ruas jalan depan BDN ini merupakan jalur cepat, hampir semua kendaraan memicu laju kendaraan nya saat melintas di jalur ini, tapi sekarang kendaraan terpaksa mengurangi kecepatan lantaran khawatir dengan hilir mudik kendaraan yang akan masuk tol,” imbuhnya.

Heru menambahkan, untuk mengurangi kemacetan seputar pintu tol, harus ada pelebaran jalan di ruas jalan seputar pintu tol.

“Mungkin jalan di seputar pintu tol harus dilebarin lagi, agar mengurangi kemacetan,” pungkas Heru. n Asti Ediawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here