PPDB SD Tetap Dilakukan Secara Online, Kondisi Sekolah Sepi

46
ilustrasi

Margonda | jurnaldepok.id
Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2020-2021 jenjang tingkat Sekolah Dasar (SD) tetap dilaksanakan secara online.

Pantauan di SD Beji 5 hari pertama PPDB terlihat tampak sepi berbeda dengan PPDB tahun ajaran baru sebelumnya.

“Kan pendaftaran PPDB nya online, calon siswa bisa daftar melalui online,” ujar salah satu guru, Suparmin.

Dia mengatakan, orang tua siswa bisa mengakses jaringan yang sudah ditentukan dimana pendaftaran siswa hingga 24 Juni. Pihak sekolah sebelumnya juga sudah melakukan sosialisasi dengan memasang spanduk di pintu gerbang sekolah.

Kepala Disdik Kota Depok, Mohammad Thamrin menambahkan, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok hari ini secara resmi membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2020/2021 untuk jenjang Sekolah Dasar (SD).

“PPDB dilakukan secara online, dengan mendaftar melalui nomor link di satuan pendidikan masing-masing. PPDB SD dibuka hari ini hingga 24 Juni. Adapun pengumuman penerimaannya disampaikan tanggal 25 Juni,” paparnya.

Dikatakannya, persyaratan PPDB SD adalah melampirkan fotokopi Akta Kelahiran, Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua, dan Kartu Keluarga (KK).

“Selain itu, Surat Keterangan Tanggung Jawab Mutlak Orang tua/Wali calon peserta didik. Di tengah kondisi pandemi seperti ini, orang tua cukup mendaftar dengan mengunggah fotokopi KK dan Akta Kelahiran. Sisa persyaratannya dilengkapi saat pendaftaran ulang ke panitia sekolah yang dituju masing-masing,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SD, Disdik Kota Depok, Sada menambahkan, penerimaan PPDB tahun ini untuk sementara diutamakan calon peserta didik yang memiliki Sertifikat Tanda Serta Belajar (STSB).

Sebab, imbuhnya, yang memiliki sertifikat tersebut sudah pasti berusia enam tahun.

“Ketika masih ada kuota, dilanjutkan bagi yang tidak memiliki STSB. Kecuali kalau anak yang tidak memiliki STSB tersebut, sudah berusia tujuh tahun, wajib diterima,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here