Corona Masih Mengancam, Politisi Gerindra Usulkan Pilkada Ditunda Hingga 2024

162
Yeti Wulandari

Kota Kembang | jurnaldepok.id
Masih besarnya kasus Covid 19 di Indonesia tak terkecuali di Kota Depok membuat Anggota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra, Yeti Wulandari mengusulkan agar pemilihan umum kepala daerah ditunda hingga 2024.

“Kalau saya malah inginnya agar pelaksanaan pilkada serentak 2020 ditunda hingga tahun 2024.
Jadi serentak seluruh Indonesia,” ujar Yeti kepada Jurnal Depok, Senin (22/6).

Dengan begitu, sambungnya, tahun 2024 akan terjadi tiga gelombang pemungutan suara. Gelombang pertama untuk memilih DPRD dan kepala daerah tingkat kota atau kabupaten, gelombang dua untuk tingkat provinsi dan ketiga untuk pemilihan presiden dan wakilnya, serta DPR RI dan DPD.

“Memang dengan cara ini akan terjadi kekosongan jabatan kepala daerah di banyak wilayah. Hal itu sebenarnya dapat diantisipasi dengan menunjuk pelaksana tugas (Plt) dari sekretaris daerah (Sekda), TNI, maupun Polri. Hal serupa pernah dilakukan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo saat pilkada tahun 2017 dan 2018,” paparnya.

Saat ini, kata dia, biarkan kepala daerah fokus untuk menangani corona secara total dan unsur kemanusiaan benar-benar menjadi tiangnya.

“Bukan seperti saat ini kita bisa membandingakan antara daerah yang tidak akan dilkasanakan pilkada 2020 dengan yang akan dilaksanakan. Jujur saya menilai, daerah yang kepala daerahnya tidak akan maju atau ikut pilkada, mereka benar-benar fokus untuk mengatasi wabah pendemi Covid 19 tanpa embel-embel politisasi,” ungkapnya.

Yeti yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Depok menilai, saat ini semua elemen terpadu bahu membahu bekerja keras untuk mengatasi pendemi Covid 19.

“Tanpa ada unsur politisasi atau menjual unsur melankolins terzalimi karena merasa tidak dianggap,” terangnya.

Sementara itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok sejak awal bulan ini telah melanjutkan tahapan pilkada yang sempat tertunda seperti pelantikan PPS dan lainnya. Pasalnya, mereka telah mendapatkan surat keputusan bahwasanya Pilkada serentak akan digelar pada 9 Desember mendatang. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here