Bangunan Diduga Tak Miliki IMB, Satpol PP Diminta Jangan Tutup Mata

130
Inilah bangunan tiga lantai yang diduga tak mengantongi IMB

Limo | jurnaldepok.id
Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Pengurus Lingkungan Rt 02/10 Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, meminta kepada Satpol PP Kota Depok untuk menyetop pengerjaan pembangunan rumah tinggal berlantai tiga di Jalan Arthayasa Rt 02/10 Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo.

Selain jelas-jelas melanggar garis sempadan jalan (GSJ) bangunan rumah tiga lantai yang diduga bakal dijadikan kos-kosan itu juga tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Kami berharap Satpol PP Kota Depok segera turun gunung, dan menindak pelanggaran yang dilakukan oleh pemilik bangunan. Perlu dicatat, tembok dinding rumah itu berbatasan langsung dengan bibir jalan yang notabene masuk dalam daerah milik jalan (Damija) dan bangunan itu tidak memiliki IMB karena Ketua Rt dan Rw belum pernah merekomendasi pembuatan IMB,” ujar Supian Derry, Ketua LPM Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo kepada Jurnal Depok, kemarin.

Hal senada dilontarkan oleh Ketua Rw 10, Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, Nurani.
Dikatakan Nurani, dirinya pernah menanyakan kepada Djumadi selaku Ketua Rt 02/10 soal rekomendasi perijinan, dan ternyata Ketua Rt pun sama sekali belum memberikan rekomendasi terhadap pembangunan rumah tinggal berlantai 3 tersebut.

“Saya sudah tanyakan kepada Pak Djumadi selaku Ketua Rt disana, dan beliau bilang tidak pernah memberikan rekomendasi untuk bangunan itu,” katanya.

Selain itu ia juga sudah mempertanyakan kepada LPM apakah sudah melaporkan hal ini ke Satpol PP Kecamatan Limo, ternyata sudah dilaporkan oleh LPM namun tidak ada tanggapan dari Satpol PP.

“Kata Bang Derry sudah dilaporkan ke Satpol PP Kecamatan, tapi kok enggak ada tindakan, itu sama saja Satpol PP tutup mata, makanya kami berharap Satpol PP Kota Depok melihat secara langsung dan memeriksa kelengkapan perijinan rumah itu, dan jika tidak ada IMB nya, pembangunan harus disetop dan bangunan rumah itu harus di segel,” tegas Nurani.

Sementara Ketua Rt 02/10, Kelurahan Meruyung, Djumadi membenarkan jika rumah berlantai tiga milik Santoso itu belum mengantongi IMB.

“Sebelumnya saya sudah arahkan untuk mengurus perijinan dan jangan melanggar aturan, tapi saran saya tidak pernah digubris sama pemilik bangunan, dan selain itu orang juga kurang peduli terhadap lingkungan hal ini dapat dilihat dari peran serta dalam kegiatan lingkungan yang sangat minim,” tutup Djumadi. n Asti Ediawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here