Memprihatinkan, Sampah Kiriman Tutup Aliran Kali KCB

91
Terlihat tumpukkan sampah yang menutupi Kali KCB

Limo | jurnaldepok.id
Puluhan kubik sampah kiriman dari wilayah hulu Kali Krukut Cabang Barat (KCB) yang parkir disamping jembatan Grogol kerap menjadi sorotan warga dan para pengguna jalan, pasalnya selain membuat kumuh kawasan seputar jembatan, keberadaan sampah diatas bidang kali selalu menimbulkan bau tak sedap sehingga mengganggu kenyamanan para pengguna jalan dan warga yang melaksanakan aktivitas disekitar lokasi.

Kepada Jurnal Depok, Komandan Regu (Danru) Satgas Banjir Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Abdul Milik mengatakan, mampetnya sampah disamping jembatan Grogol tepatnya depan UPTD Puskesmas Limo disebabkan adanya kabel dibawah jembatan yang menyumbat lanju air dan sampah kehilir, dan jika posisi kabel berada dibawah membuat laju sampah terhambat dan parkir ditepi jembatan.

“Dibawah jembatan itu ada kabel, entah kabel PLN atau kabel telepon yang menghambat aliran air dan sampah, ini yang menjadi pemicu terjadinya penumpukan sampah di samping jembatan,” ujar Milik kepada Jurnal Depok, kemarin.

Dikatakan Milik, dalam sepekan hampir dapat dipastikan terjadi penumpukan sampah disamping jembatan Grogol, dan jumlah sampah yang menumpuk bisa mencapai dua truk.

Terpisah, Lurah Grogol, Danudi Amin mengaku cukup direpotkan dengan keberadaan sampah kiriman yang menumpuk disamping Jembatan.

“Tumpukan sampah itu sangat dekat dengan Puskesmas, dan bau tak sedap dari tumpukan sampah tentu sangat mengganggu kenyamanan para pengunjung Puskesmas, makanya jika kami lihat sampah sudah banyak menumpuk, kami langsung hubungi satgas banjir untuk mengangkut sampah itu,” kata Danu.

Dia menambahkan, pernah terbesit niatan untuk memasang jaring sampah dibagian hulu perbatasan wilayah dengan Kelurahan Mampang, namun untuk merealisasikan itu harus ada kesepakatan terlebih dahulu dengan warga Mampang.

“Bisa saha kami pasang jaring perangkap sampah, tapi dampaknya tentu sampah akan menumpuk di wilayah Mampang, nanti malah bisa menimbulkan masalah lagi, sekarang jika memang ada kabel yang menjadi penyebab sampah terganjal didekat jembatan itu, nanti kami akan cari tahu itu kabel apa dan pemilik kabel harus membebahi posisi kabel yang dipasang dibawah jembatan agar tidak menghamvat laju air dan sampah,” tutup Danu. n Asti Ediawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here