26 Anggota DPRD Depok Jalani Swab, Fraksi PDIP Tak Ikutan Ini Alasannya

344
Salah seorang Anggota DPRD Depok saat menjalani Swab

Kota Kembang | jurnaldepok.id
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan RSUI melakukan test swab Covid 19 kepada sedikitnya 26 dari 50 Anggota DPRD Kota Depok.

“Kegiatan ini sebagai partisipasi DPRD dalam pencegahan dan penanganan Covid 19, karena anggota dewan banyak berinteraksi dengan masyarakat,” ujar Kania Purwanti, Sekretaris DPRD Kota Depok, Jumat (5/6).

Ia menambahkan, mengingat mobilisasi anggota dewan cukup tinggi, maka pihaknya mengusulkan kepada tim gugus tugas melalui Dinas Kesehatan untuk melakukan swab.

“Setwan hanya memfasilitasi dewan yang berkenan mengikuti, sampai selesai pelaksanaan swab ada 26 anggota dewan yang dilakukan swab,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, kegiatan tersebut hasil kerjasama Sekretariat DPRD Depok dan Dinkes. Sementara untuk tenaga medisnya melibatkan Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI).

“Hasil swab ini baru akan bisa diketahui minggu depan,” katanya.

Sementara itu Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Depok, Hendrik Tangke Allo mengungkapkan, sebaiknya test swab ini lebih diprioriritaskan kepada warga masyarakat yang benar-benar membutuhkan dan kondisinya perlu untuk diswab test.

“Biayanya cukup mahal, yang tidak semua bisa bayar karena kondisi ekonomi masyarakat saat ini.
Terlebih jika kepentingan anggota dewan melakukan swab test ini hanya untuk dijadikan pemenuhan syarat melakukan kunjungan ke daerah lain, tentunya sangat disayangkan,” ujar Hendrik yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD.

Pria yang akrab disapa HTA itu menilai, saat ini sebagai wakil rakyat seharusnya lebih menunjukkan kepedulian dan rasa empati terhadap kondisi saat ini.

“Lebih baik hadir memberikan solusi ditengah persoalan masyarakat, bukan malah merencanakan suatu kunjungan ke daerah lain yang menurut kami belum dibutuhkan untuk sekarang ini. Pimpinan dan Anggota DPRD sebaiknya menyadari itu. Kenapa ini kami sampaikan, karena keputusan mayoritas di rapat Bamus sudah mengagendakan kunjungan antar daerah dan kami menolak untuk melakukan kunjungan ke daerah lain untuk saat ini,” ungkapnya.

HTA yang juga menjabat sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan mengimbau kepada fraksinya kemarin untuk tidak melakukan swab kalau hanya sebagai salah satu persyaratan untuk melakukan kunjungan-kunjungan ke daerah.

“Kami menolak melakukan swab, karena kami tidak mau ada kunjungan DPRD ke daerah-daerah untuk saat ini,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here