Tok! Pilkada Depok 9 Desember, KPU Lanjutkan 4 Tahapan Yang Tertunda

416

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok akan segera menuntaskan tahapan pilkada yang tertunda lantaran wabah Covid 19.

“Tahapan kami mulai dari yang tertunda terlebih dahulu diantaranya pelantikan PPS pastinya. Pemungutan suaranya sudah fix tanggal 9 Desember,” ujar Nana Shobarna, Ketua KPU Kota Depok, Jumat (29/5).

Namun begitu, Nana masih menunggu keputusan terkait peraturan tahapan yang akan dilakukan.

“Selain pelantikan PPS tahapan yang akan kami mulai kembali adalah rekrutmen Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih dan Verifikasi Calon Perseorangan (bagi yang ada),” paparnya.

Hal itu dilakukan setelah dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Undang-undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota Menjadi Undang-undang beberapa waktu yang lalu.

“Perppu itu mengatur waktu pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara tanggal 9 Desember 2020 yang banyak disangsikan oleh banyak pihak,”katanya.

Dengan begitu, sambungnya, hal tersebut semakin terbantahkan setelah dilaksanakannya Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi II DPR RI dengan Pemerintah dan Penyelenggara Pemilu hari ini (26 Mei 2020) yang menyetujui pelaksanaan pilkada 9 Desember 2020.

Rapat Dengar Pendapat (RDP) tersebut juga menyetujui usulan perubahan Rancangan Peraturan KPU RI tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020 yang tahapan lanjutannya akan dimulai pada 15 Juni 2020.

“Tentunya dengan syarat bahwa seluruh tahapan pilkada harus dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan, berkoordinasi dengan gugus tugas covid-19 serta berpedoman pada prinsip-prinsip demokrasi,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here