Depok Sementara Lebih Memilih Perpanjang PSBB Ketimbang New Normal

8967
Mohammad Idris

Margonda | jurnaldepok.id
Pemerintah Kota Depok untuk sementara waktu lebih memilih memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketimbang menerapkan New Normal.

“Forkopimda menyepakati untuk mengusulkan perpanjangan PSBB Kota Depok kepada Gubernur Jawa Barat sampai dengan tanggal 4 Juni 2020,” ujar Mohammad Idris, Wali Kota Depok, Rabu (26/5).

Hal itu, kata dia, dilakukan mengingat angka Reproduksi Efektif (Rt) Kota Depok >1 (1,39).

“Selain itu hal tersebut juga dilakukan untuk mencegah penularan kasus di tengah warga,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, berkenaan dengan kebijakan PSBB yang berakhir pada tanggal 29 Mei 2020 sebagaimana Keputusan Gubernur Jawa Barat, pihaknya telah menggelar rapat dengan Forkopimda.

“Rapat tersebut dihadiri pula oleh Ketua DPRD, Kapolres, Dandim, Ketua PN dan Kepala Kejaksaan Negeri Kota Depok,” ungkapnya.

Seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (27/5/2020), Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyatakan Indonesia harus tetap produktif tetapi juga aman dari wabah penyakit infeksi pernapasan Covid-19.

Selain itu, sosialisasi new normal diinstruksikan dapat dilakukan secara besar-besaran.

“Saya minta protokol beradaptasi dengan tatanan normal baru yang sudah disiapkan oleh Kemenkes ini disosialisasikan secara masif kepada masyarakat,” kata Jokowi saat memimpin rapat kabinet terbatas lewat video conference.

Saat ini Indonesia mulai bersiap menyambut fase new normal di tengah pandemi virus corona yang terus menginfeksi jutaan orang di dunia.

Pemerintah telah menginstruksikan agar fase kenormalan baru ini dapat dipersiapkan dengan baik.
Rencananya new normal mulai diberlakukam awal Juni mendatang dengan beberpa fase. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here