Hasil Rapid Test di Pasar dan Swalayan, 23 Orang Reaktif Covid 19

224
Petugas Dinkes saat melakukan rapid test

Margonda | jurnaldepok.id
Petugas Dinas Kesehatan Kota Depok menemukan sekitar 23 kasus Covid 19 usai melaksanakan kegiatan Rapid Tes massal di sejumlah lokasi seperti di pasar tradisional.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, Pemerintah Kota Depok kian gencar melakukan rapid test (pemeriksaan cepat) Covid-19 secara massal di sejumlah tempat umum.

“Dari hasil pemeriksaan sementara, petugas tim medis menemukan sebanyak 23 yang hasilnya Rapid Tes reaktif,” ujarnya, kemarin.

Dadang menambahkan, langkah ini dilakukan dalam upaya penjaringan kasus secara masif.
Terkait hal itu, maka pihaknya akan terus melakukan pemeriksaan rapid test di tempat-tempat umum dan tempat-tempat yang diidentifikasi berpotensi menjadi lokasi penularan.

Dadang mengungkapkan, pihaknya telah melaksanakan rapid test lanjutan di sejumlah pasar tradisional, di antaranya Pasar Tugu, Pasar Kemiri Muka, Pasar Sukatani, Pasar Depok Jaya, Pasar Pucung, dan Pasar Musi. Kemudian rapid test juga digelar di pasar swalayan seperti Giant Cimanggis, Tip Top dan stasiun.

“Dari 585 sampel di Pasar Tradisional terdapat tiga orang reaktif, sedangkan di pasar swalayan dari 405 sampel terdapat 20 orang reaktif. Dengan demikian dari total sampel 990 di tempat-tempat umum, reaktif 23 orang atau sebesar 5,45 persen,” bebernya.

Selanjutnya, masih kata Dadang, hasil rapid test reaktif atau positif akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan swab PCR di Labkesda Kota Depok.

Di lokasi lain sekitar 71 pedagang dan pengunjung Pasar Kemiri Muka, Kecamatan Beji, mengikuti pemeriksaan rapid test yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok.

“Dari puluhan warga yang diperiksa, pedagang, pengunjung, juga petugas pasar, Alhamdulillah hasilnya semua non-reaktif,” kata Kepala UPT Puskesmas Kemiri Muka, Hilma Handayani.

Dikatakannya, setelah data semua peserta tes diinput, laporan selesai paling lambat tiga hari.
Dia menambahkan, apabila ada peserta yang ingin mengetahui hasilnya, tinggal datang ke kantor UPT Pasar Kemiri Muka.

Kegiatan serupa juga dilakukan di beberapa tempat-tempat umum. Seperti Pasar Sukatani, Pasar Tugu, Pasar Depok Jaya, Pasar Pucung, dan Pasar musi.

Kepala UPT Pasar Kemirimuka, Sabeni menambahkan sebelum dilakukan kegiatan Rapid Tes pihaknya melakukan sosialisasi agar pedagang, pesapon dan warga lainnya untuk mengikuti Rapid Tes.

Salah satu peserta rapid test, Agus Karyawan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang telah menyelenggarakan Rapid Test untuk warga secara gratis.

Agus yang seorang petugas keamanan Pasar Kemiri Muka ini mengetahui informasi Rapid Test dari atasannya.

“Setelah tahu ada rapid test saya ke sini, saya juga mengimbau kepada para pedagang untuk ikut dites. Karena kita tahu pasar kan tempat berinteraksi banyak orang, sehingga potensi pedagang untuk kena juga cukup besar. Semoga dengan adanya kegiatan ini, meminimalisir penyebaran Covid-19,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here