Vokasi UI Donasikan 300 Paket Sembako bagi Pedagang dan Opang Terimbas Covid-19 di Depok

27

Beji | jurnaldepok.id
Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (Vokasi UI) memberikan bantuan berupa 300 paket kebutuhan pokok bagi pedagang kantin, ojeg pangkalan, dan warga di sekitar kampus UI khususnya wilayah Kukusan, Depok, Jawa Barat.

Mereka adalah kelompok yang langsung merasakan dampak ketika mahasiswa stay at home sebagai bentuk pencegahan penularan COVID-19.

Paket sembako tersebut secara simbolis diserahkan oleh Wakil Direktur Vokasi UI Bidang Sumber Daya Ventura dan Administrasi Umum,  Antony Sihombing kepada salah seorang pedagang kantin Vokasi UI.

Paket sembako terdiri dari beras, gula, makanan kaleng, kecap, minyak, mie instan, teh, tepung dan saus sambal.

“Mahasiswa, dosen, dan karyawan di Vokasi UI hidup berdampingan dengan para pedagang kantin maupun warga di sekitar UI, maka di masa pandemi kita perlu saling bantu,” ujar Antony, kemarin. “

Ia menambahkan, pandemi COVID-19 ini telah memberi dampak yang signifikan bagi para pedagang, ojek serta warga sekitar yang sehari-hari hidup dari melayani mahasiswa dan sivitas akademika UI.

“Maka melalui program ini, Vokasi UI berharap dapat sedikit meringankan beban,” paparnya.

Antony menjelaskan, dana bantuan sosial ini berasal dari dana sosial dan hasil usaha Lembaga Vokasi, Unit Kerja Khusus yang melayani pelatihan, sertifikasi, dan kajian terapan.

“Lembaga Vokasi merupakan ventura yang dimiliki Vokasi UI dengan status Unit Kerja Khusus. Sebagian keuntungannya digunakan untuk menyelenggarakan bantuan sosial bagi masyarakat,” katanya.

Bamelan, pengojek pangkalan di Kukusan Kelurahan menyampaikan bahwa selama mahasiswa tidak beraktivitas, ia hanya mendapat 1-2 penumpang per hari, sehingga bantuan bahan pokok ini sangat bermanfaat.

Kesulitan yang sama dialami Suryati, pedagang soto di Kantin Vokasi UI, karena ia tidak berjualan selama masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

“Saya benar-benar kehilangan mata pencaharian, maka bantuan makanan pokok bermanfaat paling tidak sampai lebaran,” ungkap Suryati.

Setiap tahun Vokasi UI kerap melaksanakan pengabdian masyarakat di kelurahan-kelurahan terdekat. Seperti pembinaan UMKM, karang taruna, ibu PKK, dan lain sebagainya.

Saat ini, bakti sosial menjadi kegiatan yang diprioritaskan dahulu untuk membantu warga yang tedampak COVID-19. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here