123 Ribu Warga Depok Terima Bantuan Presiden

169
Menteri Sosial didampingi wali dan wakil wali kota Depok saat menyerahkan secara simbolis Banpres

Beji | jurnaldepok.id
Sekitar 123 ribu warga di Kota Depok mendapatkan Bantuan Presiden (Banpres). Dimana pembagian tersebut dibagi beberapa tahap.

Hal itu dikatakan langsung Menteri Sosial Repubriķ Indonesia (Mensos), Juliari Peter Batubara, saat belusukan door to door membagikan paket sembako bantuan Presiden Joko Widodo di RW 03 Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji.

“Kami datang ke kesini untuk pemberian bantuan di Kota Depok, sekaligus dua tahap paket sembako dari Pak Presiden,” ujarnya, Kamis (14/5).

Dia mengatakan, warga yang menerima bantuan sembako dari Presiden ini merupakan warga yang berkategori tidak mampu seperti janda, lansia, korban PHK dan warga yang hidup digaris kemiskinan.

Menurut Juliari total bantuan yang diberikan untuk Jabodetabek ada sebanyak 1,9 juta Kepala Keluarga (KK).

“Pemberian bantuan ini dilakukan selama tiga bulan dan tercatat di Depok yang mendapatkan bantuan sebanyak 123 ribu KK sekali penyaluran saja,”katanya.

Terkait tidak meratanya dalam pembagian bantuan dari pemerintah, lanjut Juliari, yang paling bertanggung jawab terkait pendataan penerimaan bansos adalah dari pemerintah daerah langsung.

“Pemerintah tidak akan menilai tepat sasaran, jika ada warga yang tidak menerima dari pendataan bisa tanya ke Pemda,”ungkapnya.

Terpisah Nasir (50), bapak dua anak yang mendapatkan bantuan berterima kasih dan dan menilai bantuan sangat bermanfaat di tengah pandemi Covid – 19.

“Setelah tidak bekerja menjadi tenaga guru honorer di sekolah madrasah, kebutuhan hidup ditopang oleh anak-anak. Dengan ada bantuan ini sangat membantu sedikit meringankan di tengah pandemi Covid – 19,”tuturnya.

Meski begitu, disebutkan Nasir pemberian bantuan dari Kemensos ini telat baru beberapa bulan dapat bantuan. Selama ini telah terlebih dahulu mendapat bantuan dari yayasan.

“Kalau dari pemerintah atau Pemda Depok belum sama sekali mendapat bantuan. Baru pertama kali setelah beberapa bulan dapat bantuan pemerintah meski telat. Harapan bantuan yang diterima dapat diberikan kepada orang yang membutuhkan secepatnya,” ungkapnya.

Terpisah Kapolsek Beji, Kompol Fatimah menyebutkan untuk kegiatan pengamanan Mensos RI pihaknya telah menurunkan 25 personil.

Anggota Polsek dibantu Polres diturunkan sebanyak 25 personil belum ditambah TNI untuk pengamanan VVIP Mensos RI dan kegiatan berjalan kurang lebih satu jam aman dan kondusif. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here