Siap-siap PPDB SMA Segera Dibuka, Kuota Jalur Zonasi 50 Persen

1754
Gambar sosialisasi PPDB Tahun 2020

Margonda | jurnaldepok.id
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat memulai rangkaian kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2020 untuk jenjang SMA, SMK dan SLB.

“Memang PPDB SMA dan SMK ini kewenangannya ada di Disdik Provinsi, terkecuali untuk PPDB tingkat TK, SD dan SMP itu kewenangannya di Disdik Kota,” ujar M Thamrin, Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Senin (4/5).

Ia mengatakan, dalam PPDB SMA dan SMK, pihaknya hanya memiliki tupoksi membantu sosialisasi ke SMP-SMP yang ada di Depok.

“Mengingat situasi dan kondisi sekarang ini, maka sosialisasi kami lakukan secara online,” paparnya.

Dalam sosialisasinya, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat menjelaskan beberapa hal yang harus dilakukan oleh calon peserta PPDB.

Sama seperti tahun sebelumnya, pemerintah provinsi masih menerapkan sistem zonasi untuk mengakomodir para siswa yang ingin bersekolah di SMA/SMK Negeri yakni kuota minimal 50 persen, jalur afirmasi minimal 20 persen, jalur perpindahan orang tua atau anak guru maksimal lima persen dan jalur prestasi maksimal 25 persen. Sementara untuk SLB tidak menggunakan zalur zonasi dan jalur lainnya.

Yang dimaksud sistem zonasi adalah, jalur PPDB menggunakan sistem pembagian wilayah menjadi beberapa zona dengan mempertimbangkan letak geografis, wilayah administratif, dan letak satuan pendidikan terhadap domisili calon peserta didik.

Sementara sistem afirmasi yakni jalur PPDB untuk calon peserta didik baru yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu (KETM), dibuktikan kartu anggota program penanganan kemiskinan dari pemerintah/pemerintah daerah.

Jalur PPDB berdasarkan prestasi yang dicapai peserta didik berdasarkan perolehan nilai akademik
pada rapor atau prestasi yang diperoleh melalui perlombaan atau kejuaraan.

Adapun jalur PPDB perpindahan tak lain untuk calon peserta didik yang berdomisili mengikuti perpindahan tempat tugas orang tua dan/ atau bagi anak guru.

Dari jadwal yang dirilis Disdik Provinsi Jawa Barat, bahwa PPDB dibagi dua periode yakni Periode 1 untuk jalur afirmasi, prestasi dan perpindahan mulai tanggal 8 sampai dengan 12 Juni 2020.

Sementara untuk Periode 2 jalur zonasi dibuka selama lima hari mulai tanggal 25, 26, 29, 30 Juni dan 1 Juli 2020.

Untuk lebih jelasnya calon peserta didik dapat mengunjungi website resmi www://disdik.jabarprov.go.id dan http://ppdb.disdik.jabarprov.go.id. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here