Mendagri Tinjau Langsung Penerapan PSBB Tahap Dua Kota Depok

115
Mendagri didampingi wali kota saat memberikan arahan kepada stakeholder Kota Depok terkait penerapan PSBB (dok promentasi)

Margonda | jurnaldepok.id
Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tito Karnavian meninjau langsung pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Depok. Tito langsung menemui Wali Kota Depok, Mohammad Idris yang didampingi Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid 19 Kota Depok.

“Kota Depok wilayah penting karena penyangga Ibu Kota Jakarta, apa yang terjadi di Jakarta akan berpengaruh ke Depok juga begitu sebaliknya. Hampir enggak ada batas antara Jakarta dan Depok, warga Jakarta juga banyak yang ke Depok, juga warga Depok banyak juga yang ke Jakarta,” ujar Tito, Senin (4/5).

Dengan begitu, sambungnya, Jabodetabek betul-betul harus disinkronkan dan dilandaikan.

“Depok sudah menerapkan PSBB, kami datang untuk melihat bagaimana evaluasi PSBB. Kami beri masukan mulai dari sosialisasi yang lebih intensif serta memanfaatkan tokoh-tokoh masyarakat yang ada di Depok, karena Depok ini banyak tokoh penting yang disegani begitu juga dengan komunitas,” paparnya.

Selain itu, lanjutnya, kebijakan menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan mencegah terjadinya kerumunan sosial apapun bentuknya perlu ditingkatkan.

“Dari 2,3 juta penduduk Kota Depok, 0,1 persen saja tidak taat, itu sudah 23 ribu. Padahal satu atau 10 orang saja (yang terkena,red) menyebarnya akan cepat sekali,” jelasnya.

Dari itu, Tito meminta warga Depok untuk lebih disiplin lagi.

“Kalau Depok dan wilayah Jabodetabek lainnya landai dan wilayahnya menyatu, beda dengan daerah lainnya yang ada batas alam nya. Jadi harus ada usaha bersama antara Jakarta, Tanggerang Raya, Bekasi Raya, Depok dan Bogor Raya,” terangnya.

Tito mengungkapkan, dirinya juga telah berkunjung ke wilayah Tanggerang Raya dan DKI Jakarta guna menjalin komunikasi dengan kepala daerah untuk mengatasi Covid 19. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here