PKS Depok Siapkan Relawan untuk Bantu Pemulasaraan Jenazah Covid 19

92

Margonda | jurnaldepok.id
DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Depok menyelenggarakan Pelatihan Praktis Pemulasaran Jenazah Covid-19 di kantor sekretariatnya di Jalan Margonda Raya gang Beringin Kemiri Muka Beji Depok.

Narasumber pada pelatihan pemulasaran jenazah Covid-9 melibatkan Tim Pemulasaran Jenazah RSUD Depok.

“Peserta pelatihan adalah kepanduan dan santika yang merupakan kader-kader PKS dari tiap kecamatan yang akan dipersiapkan sebagai bagian dari tim relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkot Depok, khususnya dalam penanganan proses Pemulasaran Jenazah Covid-19 di warga,” ujar Hafid Nasir, Ketua DPD PKS Kota Depok, kemarin.

Hafid menambahkan, beberapa aksi satgas mitigasi bencana Covid-19 DPD PKS Kota Depok terkait program edukasi dan promosi khususnya membantu Gugus Tugas Pemkot menjalankan kebijakan PSBB dan Kampung Covid berbasis RW.

“Kemudian terkait advokasi kami mengirim sejumlah relawan untuk diperbantukan sebagai bagian tim relawan gugus tugas pemkot khususnya penanganan pemulasaran jenazah, dan dalam pelaksanaannya dibawah koordinasi Dinas Kesehatan Kota Depok,” paparnya.

Hafid mengucakan terima kasih kepada gugus tugas pemkot khususnya Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok dan tim RSUD Kota Depok (bapak Endang beserta tim)  yang telah memberikan kesempatan memberikan bimbingan teknis pemulasaran jenazah Covid-19 kepada para relawan

“Tak lupa terima kasih dan selamat bertugas  kepada seluruh kader PKS yang akan bertugas sebagai tim relawan covid-19 dibawah koordinasi Dinas Kesehatan Kota Depok,” tukasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, seluruh relawan akan bertugas di wilayah kecamatan masing-masing dan akan berkoordinasi dengan sekcam sebagai ketua satgas covid19 tingkat kecamatan.

“Jumlah relawan sebanyak 29 orang.Terdiri dari 14 orang tim pemulasaraan jenazah dan 15 orang tim pengantaran jenazah,” ungkapnya.

Adapun materi pelatihan memberikan wawasan tentang virus Corona dan penyebarannya, peraturan perundangan, sampai Fatwa MUI.

Peserta juga dibimbing praktek dan contoh penanganan jenazah yang terindikasi covid 19 dari mulai pasca dinyatakan meninggal, strelisasi tempat, mengkafani, memasukkan ke dalam peti, menyolatkan, penguburan sampai strelisasi kembali pasca penguburan.

“Peran apapun yang akan diberikan oleh pemkot dan satgas covid 19 kepada relawan PKS, mereka akan siap dan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan kontribusi terbaiknya. Kader PKS siap berkhidmat di kondisi apapun dan kapanpun dibutuhkan,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here