Waspada Corona, Pedagang Ayam Gunakan Alat Pelindung Wajah

120
Pedagang di Pasar Kemirimuka mulai mengenakan alat pelindung wajah

Beji | jurnaldepok.id
Sebagai langkah mencegah peredaran virus covid 19 pedagang ayam di Pasar Kemirimuka mengenakan Face Shield atau pelindung wajah.

Ketua Paguyuban Pedagang Ayam Depok, Widodo mengatakan sebagai langkah mencegah penyebaran virus Covid 19 setiap pedagang ayam dianjurkan mengenakan pelindung wajah, masker serta sarung tangan.

“Kami sudah imbau kepada anggota untuk mengenakan alat tersebut sesuai anjuran pemerintah salah satunya memakai masker. Karena sifat virus corona Covid-19 yang mudah menular melalui tetesan cairan pernapasan tubuh, terutama ketika seseorang bersin atau batuk,” ujarnya, kemarin.

Sehingga, kata dia, pedagang perlu menggunakan pelindung wajah selama berjulan karena setiap hari selalu berinterkasi dengan orang lain bahkan tidak kenal. Tujuannya, pelindung wajah ini bisa melindungi mata, hidung dan mulut yang menjadi titik utama penularan virus corona Covid-19.

“Penggunaan face shield bisa memberikan pelindungan tambahan bagi semua orang ketika berada di luar rumah demi terhindar dari virus corona Covid-19,” paparnya.

Selain melindungi titik utama penularan virus corona Covid-19, face shield juga mencegah seseorang agar tidak menyentuh area wajahnya yang bisa berisiko menularkan virus dari permukaan tangan.

“Yang paling penting, pelindung wajah bisa tahan lama dan bisa dibersihkan setelah digunakan. Sehingga pelindung wajah ini bisa digunakan berulang kali dan lebih nyaman dipakai,” katanya.

Pedagang berharap, pandemi Covid 19 cepat selesai sehingga aktifitas penjualan kembali normal.

Ketua Perkumpulan Pedagang Pasar Tradisional Margonda, Yaya Barhaya kepada wartawan mengatakan di tempat keramaian seperti Pasar Kemirimuka dimana aktivitas masyarakat sangat tinggi di setiap harinya sehingga kemungkinan kontak fisik melalui tangan besar terjadi.

“Dengan adanya fasilitas cuci tangan yang berasal dari bantuan PT PJR ini, kami harapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh warga dan pedagang. Gunakan untuk sesering mungkin mencuci tangan,”katanya.

Lebih lanjut dia juga memaparkan, selain fasilitas cuci tangan, pedagang juga menerima masker dari PT PJR. Ia berharap warga yang mendatangi tempat-tempat cuci tangan tersebut bisa meniru di rumah masing-masing sehingga semakin banyak masyarakat menyadari pentingnya PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) karena bisa membunuh kuman dan virus berbahaya. Selain itu, kebiasaan PHBS dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here