Kondisi Serba Sulit, Awas! Maling Motor Gentayangan

341
ilustrasi

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Warga Kampung Parung Bingung, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru (RJB), Kecamatan Pancoran Mas, resah lantaran saat ini banyak orang tak dikenal berkeliaran pada malam hari yang diduga sebagai pelaku pencuri kendaraan bermotor (Curanmor).

Pasalnya, pada pekan silam salah satu warga kehilangan sepeda motor saat berziarah di Taman Pemakaman Umum Islam (TPUI) Parung Bingung yang berlokasi di Jalan Raya Meruyung Rw 13, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru.

“Ya benar pada hari Jumat pekan lalu Fauzi salah satu warga Gang Golf Rw 13 kehilangan sepeda motor saat sedang berziarah di TPUI Parung Bingung. Kami harus lebih waspada,” ujar mantan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Rangkapan Jaya Baru (RJB), Abdul Fatah kepada Jurnal Depok, kemarin.

Dikatakan Jejen, sapaan akrab Abdul Fatah, ditengah krisis ekonomi dan situasi kurang baik saat ini, warga hendaknya lebih berhati-hati baik saat berada dirumah maupun ketika berada diluar rumah.

“Jangan memarkir motor di depan rumah kalau tidak bisa mengawasi, karena hanya dalam hitungan menit, motor bisa raib digondol maling,” papar Jejen.

Terkait banyaknya orang tak dikenal yang berkeluyuran malam hari, dituturkan oleh Amat Saputra, warga Jalan RD Sukarma Rt 03/03, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoran Mas.

Dikatakan Amat, dirinya sempat memergoki enam orang sedang mondar mandir didepan rumahnya pada sekitar pukul 04.00 wib, Selasa (14/4) dini hari.

Saat itu secara spontan dirinya brrteriak maling dan enam orang tersebut langsung kabur dengan menggunakan dua unit motor.

“Ya, tadi (kemarin,red) sebelum subuh sekitar pukul empat saya sempat ngintip di luar rumah, dan melihat ada enam orang muter-muter depan rumah saya. Spontan saya langsung berteriak maling, dan mereka langsung kabur pakai motor dua atau boncengan tiga orang dalam satu motor,” kata Amat.

Menanggapi hal ini, Ketua Rt 03/03, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru (RJB), Kecamatan Pancoran Mas, Rohmat HN mengatakan akan mengaktifkan kembali kegiatan ronda malam guna menekan ruang gerak para penjahat dalam melaksanakan aksinya.

“Nanti akan kami aktifkan lagi ronda malam, paling tidak ada lima sampai enam orang yang akan berkeliling kampung setiap malam mulai dari pukul 23.00 WIB sampai pukul 04.30 WIB,” kata Rohmat.
Hal senada dikatakan oleh Ketua Rt 07/03, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoran Mas, Komarudin.

Dikatakan Dokang, sapaan akrab Komarudin, dirinya sudah berkoordinasi dengan lingkungan disekitar dalam kaitan rencana pengawasan keamanan lungkungan.

“Tidak cuma malam hari, tapi siang hari juga warga harus hati-hati dan jangan lengah, karena maling bisa jadi sedang mengintai sepeda motor kita,” tutup Dokang. n Asti Ediawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here