PSBB Dipersiapkan, Polres dan Dishub Mulai Atur Lalin Depok-Jakarta

630
Kasat Lantas Polrestro Depok bersama anggota saat melakukan pengaturan lalin di perbatasan Depok menuju Jakarta

Margonda | jurnaldepok.id
Rencana Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh Kemenkes untuk daerah penyangga seperti Depok mulai dikaji. Jajaran Satlantas Polrestro Depok mulai menyebar anggota melakukan uji coba dengan penyekatan kendaraan bermotor di jalan.

Kasat Lantas Polrestro Depok, Kompol Sutomo mengatakan, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/248/2020 PSBB di wilayah Kab Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat, hal itu akan dilakukan dalam rangka percepatan penanganan virus corona disease 19 (Corona), dengan melakukan operasi.

“Upaya ini kami lakukan di sejumlah titik check point, ada 13 titik untuk wilayah Kota Depok dan itu merupakan jalan-jalan utama maupun perlintasan yang akan menuju Jakarta atau Bogor dan Bekasi,” ujarnya, kemarin.

Sutomo menambahkan, pemberlakukan PSBB dipersiapkan semenjak dikeluarkannya surat Kemenkes.

“Mulai dari pukul 06.00 WIB anggota Satlantas bersama Pol PP dan Dishub Kota Depok mulai melakukan operasi pembatasan kendaraan yang masuk Depok atau Jakarta,” paparnya.

Sementara itu, bagi masyarakat atau pengendara pribadi maupun umum yang melanggar tidak mengikuti instruksi pemerintah terkait PSBB, maka tidak diperbolehkan untuk masuk ke wilayah Depok bahkan sebaliknya arah Jakarta.

“Bagi pengendara yang melanggar kami imbau untuk wajib menggunakan masker, jika masih melakukan perjalanan, selain itu tetap menjaga jarak pshycal distancing dengan mengurangi batas penumpang kendaraan mobil maupun angkutan umum dan selalu membawa hand sanitizer,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga memberikan sebanyak 55 masker bagi pengendara yang tidak bermasker.

“Karena pembagian masker terbatas agar masyarakat lebih mematuhi peraturan yang telah ada. Ini bertujuan demi menjaga keselamatan diri sendiri dan juga Indonesia dari virus Corona,” katanya.

Terpisah Kapolrestro Depok, Kombes Pol Azis Andriansyah mengatakan, rapat koordinasi masih dilakukan hingga saat ini. Pihaknya belum dapat merinci seperti apa teknis PSBB Depok nantinya.

“Jadi kita masih rapat dan masih berlangsung,” katanya.

Dalam rapat dibahas teknis penerapan PSBB, termasuk dampaknya. Oleh karena itu semua hal harus dengan cermat diantisipasi. Mulai dari dampak ekonomi, sosial, kamtibmas dan lainnya.

“Masih dibahas. InsyaAllah Rabu atau Kamis lah,” katanya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, sejumlah lokasi penyekatan mulai dari Simpang Siliwangi Margonda, Simpang Ramanda dan bawah kolong fly over UI.

Rata-rata pengendara sudah mulai tertib mengikuti peraturan imbauan pemerintah untuk menggunakan masker. Meski ada beberapa pengendara motor bahkan mobil yang tidak menggunakan masker, bahkan tidak ada pengurangan kapasitas penumpang mobil. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here