Jalan Raya Margonda Disemprot Anti Virus

86
Petugas Damkar saat melakukan penyemprotan disinvektan di Jalan Margonda (Foto Dok Diskominfo)

Margonda | jurnaldepok.id
Guna mencegah wabah Covid-19 (corona virus), Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok, menyiapkan 30 petugas yang akan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah fasilitas umum yang ada di Kota Depok.

“Sasaran kami dalam upaya penyemprotan cairan disinfektan ialah fasilitas umun dan gedung pemerintahan. Sejak beberapa hari lalu, penyemprotan sudah kami lakukan di beberapa titik fasilitas umum di Kota Depok. Hal ini dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19), ” papar Ketua Umum PMI Kota Depok, Dudi Mi’raz kepada Jurnal Depok, Senin (23/3).

Dudi mengatakan, PMI membantu dan menjalankan tugas sesuai instruksi Walikota Depok, dalam Surat Edaran (SE) Nomor: 443/133-HUK/Dinkes tentang Siaga Intensif Corona Virus Disease (Covid-19). Salah satu poinnya yaitu melakukan penyemprotan disinfektan pada area publik.

“Kami membantu pemerintah dalam pelayanan kesehatan dengan melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh area publik. Termasuk tempat ibadah, sekolah, dan kantor pemerintah,”katanya.

Dirinya menyebutkan, penyemprotan telah dilakukan sejak Selasa (17/03/). Adapun fasilitas publik yang menjadi sasaran yaitu masjid, gereja, sekolah, kantor kejaksaan negeri, Markas Polres Metro Depok, dan seluruh kantor OPD.

Dudi menambahkan, pihaknya menyiapkan sebanyak 30 personel untuk penyemprotan disinfektan tersebut. Seluruh petugas sudah dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditetapkan.

“Kami hanya melayani ruang publik saja tidak rumah hunian. Bagi masyarakat yang ingin mengajukan permohonan penyemprotan bisa datang ke Markas PMI di Jalan Boulevard Grand Depok City, atau melalui media sosial di Instagram (IG) dan Facebook PMI Kota Depok,”katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua 1 Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, melakukan penyemprotan cairan disinfektan di ruas jalan protokol Kota Depok, seperti Jalan Margonda, Arif Rahman Hakim, Nusantara dan Dewi Sartika.

“Langkah yang kami lakukan merupakan bentuk antisipasi dari gugus tugas, teruatama dari koordinator bidang pencegahan, ada empat sampai lima mobil yang kami kerahkan untuk melakukan penyemprotan, dari ujung jalan Raya Margonda ke ujung, kearah selatan serta utara kemudian balik lagi dibahu jalan arah sebaliknya,” ungkapnya.

Dadang mengatakan, setiap mobil yang dikerahkan dapat mengangkut minimal 2000 liter, ia juga menjelaskan saat kondisi hujan akan lebih bagus karena mampu memperluas cakupannya, karena cairan disinfektan akan terbawa air hujan sampai ke pelosok yang tidak tercapai.

Dadang menghimbau, bagi masyarakat Kota Depok yang terpaksa harus keluar rumah untuk melakukan aktifitasnya, agar dapat tetap melaksanakan social distracting yang sudah di anjurkan oleh pemerintah.

“Tetap menjaga jarak fisik, kemudian saat kembali ke rumah, kami menghimbau untuk terlebih dahulu membersihkan badan dan mengganti pakaian sebelum berinteraksi dengan keluarga, dan kami meminta masyarakt untuk terus memperhatikan setiap arahan yang diberikan oleh pemerintah, dan hindari keramaian-keramaian di area public dan terus melakukan pola hidup sehat,” pintanya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here