Muncul Girik di Lahan Fasos Fasum Yang Bakal Dibangun Taman Limo

55
Inilah lokasi fasos fasum yang belakangan diakui warga karena memiliki girik

Limo | jurnaldepok.id
Munculnya pengakuan salah satu warga yang mengantongi girik atas lahan Fasos fasum perumahan Villa Mutiara (Vilmut) di Rw 10, Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, berpotensi menghambat pelaksanaan pembangunan taman Kelurahan Grogol.

Saat dikonfirmasi terkait hal ini, Lurah Grogol, Kecamatan Limo, Danudi Amin mengaku sempat mendengar kabar tersebut namun dirinya tidak terlalu memperdulikan isue soal Girik tersebut lantaran menurutnya, lahan yang sudah masuk siteplan perumahan sudah tentu sebelumnya telah terjadi pembelian dari pihak pengembang perumahan dengan pemilik asal.

“Bisa saja lahan itu tadinya memang milik keluarga orang yang mengaku memiliki girik atas tanah itu, tapi logika nya jika suatu tanah telah masuk siteplan perumahan berarti sudah ada jual beli sebelumnya dan disisi lain jika tanah itu masih merupakan milik pemegang girik, kemana mereka selama ini kenapa mereka tidak pernah mengurus lahan itu hingga puluhan tahun,” papar Danu.

Disisi lain Ketua Rw 10, Kelurahan Grogol, Mantri Mohammad mengaku ogah menanggapi permasalahan tersebut.

“Sepengetahuan saya dari dulu itu memang bagian lahan fasos fasum perumahan Villa Mutiara, dan jika ada yang mengaku memiliki lahan itu, ya silahkan saja ditempuh jalur nya,” ujar Mantri kepada Jurnal Depok.

Dikatakan Mantri, terlepas dari status lahan, warga hanya menginginkan agar tanah yang tadi dioptimalkan oleh warga untuk bangunan lapak tempat berjualan dapat dibangun taman sebagai salah satu destinasi tempat rekreasi.

“Saya enggak berpikir sejauh itu, yang jelas menurut data, lahan itu merupakan lahan fasos fasum perumahan Villa Mutiara dan sekarang akan dibangun Taman Kelurahan,” tukas Mantri.

Hal senada dilontarkan oleh Mili, selaku Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo.

Dikatakan Mili, jika ada pihak yang mengaku memiliki lahan tersebut, silahkan komplain dengan Badan Pertanahan Negara (BPN) Kota Depok yang telah menetapkan dalam peta bidang tanah di siteplain sebagai lahan fasos fasum untu perumahan Villa Mutiara yang secara teritorial masuk diwilayah Rw 10, Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo.

“Saya enggak tahu kalau ada orang mengklaim dan memiliki girik ats lahan itu, dan jika benar ada, perlu di uji keabsahannya,” tutup Mili. n Asti Ediawan

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here