Air Kali Angke Meluap, Ribuan Rumah Terendam Banjir di Bojongsari

284
Tim gabungan saat mengevakuasi warga yang menjadi korban banjir

Bojongsari | jurnaldepok.id
Lebih dari 1.000 rumah di wilayah Kecamatan Bojongsari terendam banjir. Banjir bermula ketika air Kali Angke meluap dan merendam puluhan rumah di Komplek Sawangan Elok dan ratusan rumah di Komplek Bukit Sawangan Indah (BSI) Kelurahan Duren Mekar serta ratusan rumah di Perumahan Villa Pamulang, Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari.

“Air mulai masuk ke pemukiman warga mulai pukul 01.00 dini hari, kemudian air semakin tinggi dan puncaknya sekitar pukul 06.00 WIB,” ujar H Anwar, warga Komplek BSI Duren Mekar kepada Jurnal Depok, Rabu (18/3).

Ketua RW 05 BSI Duren Mekar, Mudarman mengatakan, ada skitar 700 kepala keluarga yang terdampak banjir kali ini. Namun yang terparah terjadi di lima RT yang kepala keluarganya mencapai 300-400 kepala keluarga.

“Kami sudah melakukan evakuasi terhadap warga terlebih lansia, kami juga membuka dapur umum,” paparnya.

Dari 17 RT di wilayahnya, ada 10 RT yang terdampak banjir dan lima RT diantaranya mengalami kondisi yang parah dengan ketinggian air mencapai 160cm.

Selama ini, kata dia, warganya telah melakukan swadaya masyarakat dan menggandeng pemerintah kota untuk meninggikan turap Kali Angke.

“Ini banjir kiriman, ditambah lagi ada turap yang jebol. Kami sudah ajukan juga dalam musrenbang agar turap ditinggikan, turap jebol kurang lebih 50 meter, saat ini air kali lebih tinggi dari pemukiman,” katanya.

Dikatakannya, banjir di komplek nya sudah berulang kali terjadi sejak beberapa tahun lalu. Kehadiran pompa penyedot air pun tak berfungsi karena permukaan air kali lebih tinggi dibanding pemukiman warga.

Camat Bojongsari, Dede Hidayat mengatakan, banjir terparah ada di Komplek Perumahan BSI.

“Di BSI jumlah rumah yang terendam mencapai kurang lebih 800 rumah, di Sawangan Elok 117 rumah dan di Villa Pamulang juga ratusan rumah. Kurang lebih ada 1.000 rumah yang terendam di tiga lokasi itu,” tandasnya didampingi Lurah Duren Mekar, M Sahal.

Kapolsek Sawangan, Kompol Suprasetyo yang terjun langsung bersama anggotanya mengatakan, pihaknya menerjunkan anggotanya sebanyak 15 orang dibantu Koramil, Damkar, Tagana dan masyarakat.

“Ada tiga lansia yang berhasil kami evakuasi menggunakan prahu karet, enggak ada korban. Informasi yang kami terima ada tanggul jebol di wilayah Bogor sehingga air Kali Angke meluap ke pemukiman warga,” terangnya.

Dari pantauan Jurnal Depok di lapangan, hingga Rabu siang sebagian warga telah kembali ke rumah dan melakukan bersih-bersih pasca air surut. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here