Cegah Corona di KRL, Commuterline Siagakan Tim Medis

116
Petugas medis yang diterjunkan untuk mengantisipasi corona

Margonda | jurnaldepok.id
Menanggapi terkait informasi resiko penyebaran virus corona lebih tinggi di moda transportasi umum, seperti di comumuterline. Pihak PT. KCI sebagai operator transportasi public menyiagakan tim medis di dalam angkutan commuterline Jakarta-Bogor.

“Kami telah melakukan tindakan untuk pencegahan penyebaran virus corona di areal stasiun dan angkutan commuterline Jakarta-Bogor, langkah yang kami lakukan ialah mulai dari menyediakan lebih dari 700 botol hand sanitizer untuk 88 rangkaian kereta dan 36 stasiun, dan kami juga menyiapkan pos kesehatan di 30 stasiun,” VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba kepada Jurnal Depok, Kamis (12/3).

Anne Menegaskan, komitmen yang dilakukan PT. KCI dalam melakukan antisivasi terhadap penyebaran virus corona sudah dilakukan sejak, Selasa (3/3) lalu, berbagai langkah dan tindakan sudah dilakukan dari mulai memberikan edukasi sampai langkah-langkah pencegahan lainnya.

“Hingga saat ini KCI telah memberikan edukasi cuci tangan yang benar dan membagikan masker pada pengguna communetline di 36 stasiun, kami juga rutin membersihkan seluruh rangkaian kereta seusai beroperasi dengan menggunakan cairan pembersih yang mengandung disinfektan dan menugaskan On Trip Cleaning yang membersihkan rangkaian kereta saat sedang beroperasi,” ungkapnya.

Petugas medis yang bersiaga di pos kesehatan, lanjut Anne mengatakn memberikan pelayanan untuk mengukur suhu tubuh, bahkan pihaknya memberikan masker hingga obat-obatan, nantinya bila dari hasil pemeriksaan tidak dapat ditangani, petugas kesehatan akan merujuk penumpang ke rumah sakit terdekat.

“Kami juga mewajibkan pegawai frontliner yang berinteraksi langsung dengan pelanggan untuk melakukan pengecekan kesehatan secara rutin untuk mengukur suhu tubuh sebelum berdinas, sosialisasi dan antisifasi ini terus kami lakukan bahkan sejak pekan lalu kami bekerjasama dengan PT KAI Daop 1 Jakarta mengadakan kegiatan rail clinic di Stasiun Depok dan Bogor, dalam kegiatan ini Commuterline mengerahkan kereta rail clinic yang melayani pengobatan gratis dan cek kesehatan bagi penumpang serta memberikan edukasi mengenai kebersihan dan gaya hidup sehat untuk menangkal Corona” katanya.

Sejak Kamis (11/3) tim kesehatan bersama jajaran pegawai KCI juga melakukan roadshow sosialisasi lanjutan ke sejumlah stasiun sebagai upaya edukasi, membagikan masker, dan menjelaskan upaya-upaya pencegahan penyebaran virus.

“Petugas kami juga akan melakukan random cek suhu tubuh pengguna di stasiun-stasiun, Kami mengimbau penumpang tidak meludah sembarangan di stasiun maupun kereta, menggunakan masker saat sakit batuk, pilek maupun dalam masa penyembuhan, menjaga kebersihan antara lain mencuci tangan dengan benar, dan melakukan pemeriksaan kesehatan,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here