Cegah Pungutan Liar, Dishub Launching Smart Card BLUe

85
Wali Kota Depok saat meninjau proses penerapan Smart Card atau Bukti Lulus Uji elektronik (BLUe)

Cilodong | jurnaldepok.id
Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok secara resmi meluncurkan Smart Card atau Bukti Lulus Uji elektronik (BLUe) sebagai pengganti buku KIR kendaraan roda empat atau lebih. Hal itu dimaksudkan untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat.

“Ini regulasinya dari SK Dirjen dan dikuatkan dengan Perda Nomor 1 Tahun 2020. Sembilan alat yang kami gunakan sudah digital dan terkoneksi dengan system yang ada di Kementerian Perhubungan. Berdasarkan data per Januari, dari kurang lebih 430 kabupaten/kota, baru kurang lebih 125 yang melaksanakan dan terkoneksi dengan pemerintah pusat,” ujar Dadang Wihana, Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Rabu (11/3).

Ia menambahkan, saat ini status akreditasi nya B dan belum ada yang A seluruh Indonesia. Targetnya, tahun depan pihaknya akan meningkatkan status akreditasi itu menjadi A.

“Secara alat sudah bagus dan SOP didampingi oleh ISO 9001:2015 dengan manjemen resiko. Ketika ada hal kecil yang ditemui nanti kekeliruan dan lainnya akan dilakukan investigasi. Kalau tidak lulus ya harus diulang, kami tidak bisa manipulasi data karena data per titik sudah terekam kedalam sistem,” paparnya.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, peluncuran Smart Card dalam pelayanan KIR merupakan upaya untuk mendukung sistem pelayanan publik di era industri 4.0. Terlebih, saat ini Kota Depok merupakan salah satu dari 100 kota/kabupaten yang menerapkan Smart City (Kota Cerdas).

“Pelayanan secara digital oleh Dishub ini adalah salah satu implementasi Smart City. Bahkan, nanti layanan ini akan berkembang menjadi non tunai sehingga pelayanan secara cepat, tepat dan transparan dapat terwujud,” tandasnya.

Dirinya menambahkan, uji KIR kendaraan bermotor merupakan rangkaian kegiatan menguji, memeriksa komponen kendaraan bermotor, truk, angkutan umum, pick up untuk pemenuhan terhadap persyaratan teknis dan layak jalan. Oleh karena itu, masyarakat juga diimbau agar melakukan uji KIR secara berkala yaitu enam bulan sekali.

“Uji KIR sekarang semakin cepat, karena menggunakan kemajuan teknologi. Ke depan tentu kita akan terus mendorong Dishub untuk membuat inovasi lainnya terkait peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here