Pradi Ungkap Dedikasi LPM Tinggi

70
Wakil Wali Kota Depok foto bersama saat menghadiri pelantikan pengurus DPD LPM

Margonda | jurnaldepok.id
Pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan, Kecamatan Dinilai memiliki dedikasi tinggi dalam melaksanakan pembangunan di lingkungan. Hal itu di ungkapkan Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna, saat menghadiri kegiatan pelantikan Ketua dan Pengurus DPD Lembaga Pemberdaya Masyarakat (LPM) Kota Depok masa bakti 2020-2025 diaula Hotel Bumi Wiyata, Senin (9/3).

“Atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dan pribadi, saya mengucapkan ribuan terima kasih serta penghargaan kepada Ketua LPM dan pengurus masa bakti 2015-2020 yang telah menunjukkan dedikasinya dalam rangka turut memelihara menjaga dan membangun serta mengokohkan pondasi kebersamaan dan persaudaraan dalam konteks pembangunan daerah khusus di Kota Depok,” ungkap Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna.

Menurut Pradi keberadaan LPM baik di tingkat kelurahan dan kecamatan dan juga di tingkat kota telah melaksanakan fungsinya dengan baik guna menjembatani aspirasi masyarakat dalam permasalahan pembangunan fisik maupun nonfisik di Kota Depok.

Selain itu, lanjut Pradi mengatakan LPM adalah sebagai wadah pemberdayaan masyarakat diharapkan bisa menjadi motivator kehidupan bermasyarakat dan sebagai dinamisator untuk merancang melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan pembangunan di tingkat kelurahan hingga di tingkat kota.

“Saya berharap dalam peran dan fungsinya LPM benar-benar menjadi wadah penampung dan penyalur aspirasi dalam masyarakat sehingga tercipta keterpaduan pembangunan antara kepentingan masyarakat dengan kebijakan pemerintah. Saya ajak LPM maju bersama Pemkot Depok,” ujarnya.

Dia menambahkan LPM akan menjadi mitra pemerintah kritis dan konstruktif sehingga mampu menciptakan percepatan kemajuan di daerahnya masing-masing dengan tetap memelihara ikatan kebersamaan dengan jajaran Pemkot Depok.

“Untuk konsep pembangunan berkelanjutan memerlukan keterlibatan semua unsur, setiap pihak memiliki peran dan sumber daya berbeda sehingga diperlukan sinergitas dan keserasian di dalam program, terlebih dalam berbagai kebijakan yang digulirkan pemerintah dalam pemecahan masalah-masalah publik,” ujarnya.

Politisi Partai Gerindra tersebut, mengatakan jika layanan pemerintah tidak akan optimal tanpa dukungan semua pihak. “Maka sinergitas dan menjalin kemitraan dengan sejumlah perangkat daerah Kota Depok, sangat dibutuhkan dalam mewujudkan visi Kota Depok, yaitu kota unggul yang nyaman dan religious,” terangnya.

Pradi menegaskan, bahwa LPM merupakan kumpulan elemen masyarakat yang diharapkan dapat menjadi motor dari sebuah gerakan perubahan-perubahan dengan gerakan yang bersifat dari bawah ke atas atau dari warga oleh warga dan untuk warga.

“Maka dari itu menurut saya, gerakan yang bersifat pasif aktif ini membutuhkan sesuatu yang mengikat pikiran dan hati masyarakat secara ikatan rasional akan menyatukan langkah warga sementara ikatan emosional akan meningkat komitmen warga terhadap suatu tindakan. Semoga sinergitas energi kolaboratif berbagi untuk sebuah perubahan berbagi untuk sebuah kemajuan ini betul-betul dapat kita wujudkan,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here