Kak Seto: Hilangkan Trauma Anak Dampak Virus Covid 19

34
Seto Mulyadi

Margonda | jurnaldepok.id
Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, dan pihak sekolah, diminta untuk segera turun tangan melakukan Trauma Hiling terhadap sejumlah anak yang mengalami trauma akibat gencarnya informasi terkait penyebaran virus corona covid-19.

“Sejak maraknya informasi terkait dua warga Kota Depok, yang positif virus corona, sejumlah anak yang tempat tinggalnya tidak jauh dari rumah pasien mengalami trauma dan menjadi kurang percaya diri. Bahkan saya mendapat kabar jika anak-anak yang rumahnya satu komplek dengan pasien positif virus corona, sempat mendapatkan sikap yang tak biasa dari teman-temannya di sekolah,” ungkap Ketua Umum Lembaga

Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), Seto Mulyadi kepada Jurnal Depok, Selasa (10/3).
Melihat kondisi seperti ini, Seto mengatakan pihak sekolah harus segera melakukan klarifikasi dan penjelasan kepada siswanya, bahwa anak-anak yang tempat tinggalnya tidak jauh dari rumah pasien dalam keadaan aman sehingga tidak perlu ada yang dikhawatirkan.

“Pasiennya kan sudah dirawat dan mendapatkan penanganan dari petugas medis, maka dari itu pihak sekolah harus segera memberikan pemahaman terhadap siswa bahwa anak-anak yang tingga satu komplek dengan pasien tidak terdampak virus corona, itu yang paling penting yang harus sekolah beritahukan, jadi dengan begitu tidak akan ada lagi diskriminasi,” katanya.

Seto menyarankan, anak-anak diberikan edukasi tentang virus corona, mulai dari proses penularannya hingga cara untuk melakukan pencegahan. “Sekolah harus segera melakukan edukasi terntang virus ini, jika anak-anak sudah bisa melakukan pola hidup sehat seperti cuci tangan dengan bersih, makan yang teratur dan istirahat yang cukup, saya rasa anak akan terhindar dari bahaya virus corona, karena virus ini kan menyerang orang yang imunnya lemah,” ujarnya.

Dibalik kejadian ini, Seto menilai ada hikmah yang didapat. “Saya melihat ini ada hikmahnya. Orang jadi berbuat lebih sehat. Kalau anak-anak sehat kan enggak akan tertular virus ini. Intinya enggak usah takut berlebihan,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, Walikota dan Disdik Kota Depok, harus segera turun langsung dan bertemu dengan sejumlah anak-anak yang mengalami perlakukan kurang baik di sekolahnya dan melakukan kontak fisik dengan mereka.

“Jika hal tersebut dilakukan oleh para pejabat maka akan timbul kepercyaan bahwa anak-anak tersebut dalam keadaan baik-baik saja, dan satu hal yang paling penting, corona itu bukan bakteri, corona itu virus, jadi dengan pola hidup yang sehat kita bisa menangkal virus tersebut,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here