Uang Semester Memberatkan, Ribuan Mahasiswa Gunadarma Demo

120
Aksi demo mahasiswa Gunadarma yang keberatan atas biaya semester dan kebijakan kampus

Margonda | jurnaldepok.id
Dinilai buruk saoal sistem administrasi dan uang semester yang dianggap memberatkan, Ribuan mahasiswa Universitas Gunadarma, Senin(9/3) melakukan aksi mogok kuliah dan demo di depan gedung Rektorat Universitas Gunadarma di Jalan Margonda, Kecamatan Beji, Kota Depok.

“Aksi mogok kuliah dan demo di depan gedung rektorat ini kami lakukan, karena kami menilai pihak kampus dengan beberapa kebijakannya kami anggap memberatkan kami sebagai mahasiswa yang tengah menimba ilmu di Universitas Gunadarma, contohnya uang semester yang dianggap memberatkan, dan kebijakan yang lainnya ialah terkait nilai kuliah yang tidak diperlihatkan jika kami belum mencicil uang semester, bahkan kami dianggap cuti oleh pihak kampus,” papar salah satu Mahasiswa Gunadarma berinisial AW saat dijumpai Jurnal Depok di tengah aksi.

Sebelum melakukan aksi di depan gedung rektorat, mahasiswa melakukan aksi longmarch dari kampus Gunadarma Kelapa Dua, Cimanggis menuju Kampus D Margonda. Dalam aksinya ini ada tiga butir tuntutan mahasiswa yang dialamatkan kepada pihak manajemen kampus dalam rangka pembenahan sistem kuliah serta perbaikan fasilitas.

“Paling krusial adalah kebijakan pembayaran kuliah pecah blangko. Awalnya mahasiswa boleh mencicil dua kali, 50 persen di bulan pertama lalu 50 persen di bulan kedua, akan tetapi makin kesini menjadi 70-30 persen,” tuturnya.

Lebih jauh AW mengatakan, mahasiswa juga merasa jengah dengan sistem administrasi yang hanya bisa dilakukan di Kampus D Universitas Gunadarma.

“Kami merasa keberatan soal pengurusan administrasi ini, karena bagi kami yang gedung kuliahnya tidak berlokasi di Kampus D lumayan cukup jauh, seperti mahasiswa dari Kampus J kalimalang yang hendak mengurus administrasi harus pergi jauh ke Kampus D di Margonda, setibanya di Margonda ternyata loket tutup, kan kalo kasusnya seperti itu ini jelas sangat merepotkan kami,” ucap AW.

Sementara itu, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan jajaran aparat Kepolisian Polresta Metro Depok, berjaga di lokasi demo.

“Kami siagakan anggota kami di lokasi demo,” kata Kabag Operasional Polresta Metro Depok, Kompol Agung Hary.

Hingga berita ini diturunkan pihak Rektorat Universitas Gunadarma belum memberikan keterangan kepada wartawan terkait aksi unjuk rasa mahasiswanya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here