Komunitas Anggur Depok Ingin Wujudkan Indonesia Swasembada Anggur

664
Komunitas Anggur Depok foto bersama usai menggelar kopi darat

Laporan: Rahmat Tarmuji
Anggur memang buah yang banyak digemari dan memiliki harga jual yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan buah-buah lain.

Selain rasanya yang enak, bentuk buah dan pohon Anggur yang unik dan cantik juga membuat banyak orang tertarik menanamnya. Pohonnya yang berjenis merambat terkadang juga dijadikan sebagai tanaman hias pekarangan dan agar rumah.

“Menanam Anggur memang tidak semudah kelihatannya. Budidaya yang sesuai anjuran dan tepatnya perlakuan tiap varietas akan membuat tanaman anggur berbuah optimal,” ujar Ardian, Ketua Komunitas Anggur Depok, kemarin.

Ia menjelaskan, ada ratusan varietas atau jenis Anggur, diantaranya Anggur Ninel, Red Globe, Manicure Finger, Moondrob, Sonaka, Rizamat, Sindycat, Banana, Carnival dan lain-lain.

“Jadi bukan sekedar hanya Anggur Merah Anggur Hijau dan Anggur Hitam saja yang orang awam ketahui,” paparnya.

Untuk itu, sambungnya, Komunitas Anggur Depok kini hadir dalam acara Kopdar dan Edukasi Pecinta Tanaman Anggur Depok sebagai wadah bertukar informasi tentang pohon Anggur untuk membahas edukasi budidaya pohon Anggur dari mulai cara membuat bibit semai benih, cangkok, dan grafting, pemupukan hingga mengendalikan hama tanaman Anggur.

Kegiatan yang dikemas dengan seminar itu mendatangkan pembicara Andy Jenggot, Muh Kamil dan Ardian

“Acara ini dihadiri para penghobi tanaman Anggur yang berwilayah di Kota Depok dan sekitarnya. Rata-rata memang masih awam tentang perawatan, bagaimana cara membuahkan dan membasmi hamanya,” tandas Panji, Ketua Pelaksana Kopdar.

Dalam perkembangannya, Komunitas Anggur Depok ingin berkoordinasi dengan dinas terkait di Kota Depok agar kedepan memiliki program yang lebih jelas dan arah pengembangan tanaman Anggur yang lebih terencana.

“Sehingga apa yang dilakukan anggotanya mempunyai kontribusi yang lebih besar hingga terlaksananya Swasembada Anggur Indonesia,” pungkasnya. n

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here