Cegah Virus Masuk, Pemeriksaan Pengunjung Rutan Diperketat

29
Petugas Rutan Cilodong saat memeriksa pengunjung

Cilodong | jurnaldepok.id
Antisipasi penyebaran virus corona Covid-19, dilakukabn petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Depok, pemeriksaan ekstra dilakukan kepada sejumlah pengunjung mulai dari pintu gerbang utama, para pengunjung terlebih dahulu akan diperiksa suhu tubuh hingga dilakuakn penyemprotan disinfektan dan disarankan untuk menggunakan masker serta mencucui tangan.

“Langkah ini kami lakukan untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19, agar warga binaan atau pengunjung bisa terjaga, jadi setiap pengunjung yang hendak melakukan besuk terhadap tahanan harus mengikuti semua prosedur pemeriksaan yang telah kami siapkan mulai dari pengukuran suhu tubuh menggunakan termometer infrared,” papar Kepala Rutan Kelas I Depok, Dedy Cahyadi kepada Jurnal Depok, Senin (9/3).

Lebih lanjut Dedy mengatakan, apabila ada pengunjung yang kedapatan suhu tubuhnya berada di atas 37,5 derajat maka tidak diizinkan masuk. “Jika ada pengunjung yang suhu badannya di atas 37,5 derajat kita sarankan untuk pulang, atau diberikan pendampingan untuk pemeriksaan lebih lanjut,” kata Dedy.

Dedy menerangkan, selain pemeriksaan suhu tubuh, petugas juga menyiapkan masker dan penyemprot disinfektan. “Mudah-mudahan upaya yang kami lakukan mendapat ridho dari Tuhan Yang Maha Esa dan semoga kami terhindar dari virus corona,” ujarnya.

Selain pemeriksaan terkait penyebaran virus corona, Dedy mengatakan bahwa saat ini rutan yang dirinya pimpin, telah membentuk petugas khusus pelayanan pemasyarakatan berbasis HAM yang disebut dengan Duta Pelayanan HAM.

“Hal ini merupakan implementasi tentang penunjukan petugas khusus pelayanan pemasyarakatan berbasis HAM.” Katanya

Dedy menjelaskan, duta pelayanan HAM bertugas memberikan layanan yang ramah dan memudahkan aksesbilitas warga binaan pemasyarakatan, keluarga dan masyarakat kategori rentan seperti ibu hamil, lanjut usia, ibu menyusui, anak-anak, serta penyandang disabilitas guna meningkatkan
layanan publik di Rutan Kelas I Depok.

“Pola pelayanan yang baik dan berbasis HAM, harus diimplementasikan dan dijadikan semangat dalam bekerja sebagai langkah awal dari timbulnya trust (kepercayaan) publik kepada instansi pemerintah,” paparnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here