Tanggap Corona, Depok Buka Crisis Center

206
Inilah nomor pengaduan jika ada masyarakat yang menemukan kasus corona

Margonda | jurnaldepok.id
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah mengintruksikan Wali Kota Depok, Mohammad Idis membuka layanan crisis center untuk menangani kasus corona. Nantinya masyarakat dapat menghubungi call center 112 atau 119.

“Kota Depok mulai membantuk Covid-19 crisis center yang dipimpin langsung oleh Pak Wali Kota. Kami juga akan membuat hal yang sama di Provinsi Jawa Barat,” ujarnya kepada Jurnal Depok, Senin (2/3) malam.

Tugas dari crisis center, kata dia, yakni satu pintu terhadap semua informasi yang terkait dengan penanganan virus corona.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu juga mengimbau masyarakat Jawa Barat khususnya Depok agar tetap menjaga kesehatan dan tidak perlu panik untuk membeli masker.

“Masker itu hanya untuk orang yang sakit, jangan sampai yang sakit itu butuh ternyata habis dibeli oleh orang-orang sehat yang sebenarnya tidak perlu dan membutuhkan masker. Tetap tenang dan memberikan kesempatan kepada yang membutuhkan,” paparnya.

Selain itu, Emil juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik dengan memborong sembako.

“Supply and demand sembako normal-normal saja, jangan sampai diberitakan dengan berita yang bikin panik sehingga terjadi panic buying. Kalau semua melakukan hal yang sama kami kira pemerintah sudah siap,” jelasnya.

Pemerintah, sambungnya, saat ini juga telah menyiapkan 100 rumah sakit dan 28 rumah sakit umum daerah di Jawa Barat.

“Rumah Sakit Hasan Sadikin sebagi tempat untuk proses ini. Kami sampaikan terimakasih kepada Pak Wali dan Muspida yang semuanya turun untuk memastikan kondisi normal,” ucapnya.

RSUD Depok, lanjutnya, juga telah menyiapkan satu lantai dan ada sekitar 30 tempat tidur untuk isolasi dan RSUD lainnya di Jawa Barat.

“Kalau rumah sakit swasta mau berpartisipasi silahkan, nanti dapat penjelasan dari tim crisis center,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here