Siaga Satu Depok Ikuti Arahan Gubernur Jawa Barat

94
Gubernur Jawa Barat saat memberikan bantuan 10 ribu masker kepada Pemerintah Kota Depok

Margonda | jurnaldepok.id
Setalah mendapat arahan dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Wali Kota Depok, Mohammad Idris akhirnya mengungkapkan Kota Depok siaga satu corona.

“Kami ikut arahan Pak Gubernur dan menginduk kepada sikap siaga satu nya Jawa Barat, makanya kami bentuk crisis center,” ujar Idris kepada Jurnal Depok, Senin ( 2/3) malam.

Dikatakannya, dalam menentukan status siaga ada tahapan-tahapan strategis. Istilah siaga satu, kata dia, sebenarnya sudah dilakukan melalui surat edaran yang disebarkan hingga ke aparatur kelurahan.

“Ketika ini sudah terjadi, kami membentuk crisis center dan tindakkan-tindakkan yang bersifat medis. Misalnya yang tinggal di rumah penderita sudah kami bawa dan observasi,” paparnya.

Selain itu, pihaknya juga mengikuti ketentuan dan arahan dari Menteri Kesehatan bahwa yang menggunakan masker adalah orang yang sakit. Dirinya tidak menginginkan masyarakat ramai-ramai membeli bahkan memborong masker.

“Kalau pemerintah membeli masker itu untuk orang yang sakit, bukan untuk orang yang sehat. Kami sudah menerima informasi saat ini sulit mendapatkan masker, ini kan akibat itu tadi banyak orang sehat yang borong masker,” katanya.

Dikatakan Idris, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah memberikan bantuan 10 ribu masker untuk Kota Depok.

“Masker ini nanti akan kami salurkan ke rumah sakit dan puskesmas, jika nanti ada pasien yang sakit dan membutuhkan maka akan dikasihkan. Memang 10 ribu enggak cukup, namun kami kan sudah memiliki banyak stok di rumah sakit,” jelasnya.

Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna juga meminta kepada masayarakat agar tidak panik menyikapi virus corona.

“Tetap jaga kesehatan, lakukan PHBS serta galakkan kembali Germas,” tandasnya.

Dirinya juga mengungkapkan, bahwa Pemerintah Kota Depok dalam menangani kasus corona ini tidak sendiri. Perhatian dan dukungan baik dari pemerintah provinsi maupun pusat untuk menuntaskan kasus virus tersebut juga sangat besar.

“Kami berterimakasih kepada pemerintah pusat dan provinsi yang telah mensupport kami untuk mengatasi persoalan ini secara bersama. Tak terkecuali Forkopimda Kota Depok,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here