Pernah Kontak Dengan Pasien, Puluhan Pekerja Rumah Sakit Dirumahkan

93
Menteri Kesehatan RI saat memberikan arahan di RS Mitra Keluarga Depok

Margonda | jurnaldepok.id
Wali Kota Depok, Mohamad Idris kepada wartawan mengatakan, sekitar 50 lebih petugas medis di Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok terpaksa dirumahkan, lantaran khawatir terjangkit virus corona.

“Kami juga minta terus terang dari Rumah Sakit Mitra karena katanya ada perawat yang sempat berinteraksi dan ada beberapa pasien yang sudah pulang dan berinteraksi dengan keluarganya. Saya akan minta datanya, kediamannya, untuk segera ditangani,” ujarnya, Senin (2/3).

Ia juga menegaskan ada yang langsung kontak dengan korban. “Penegasan, yang positif corona dua orang, yang terindikasi (kontak dengan korban) di atas 50 orang.

Sekretaris Daerah Kota Depok, Hardiono menuturkan total yang didata mencapai 73 orang petugas medis. “Sekitar 40 di antaranya menunjukkan gejala batuk pilek dan demam, sedangkan tanpa gejala 33 orang. Kemudian ada keluarga dari petugas medis Rumah Sakit Mitra satu orang,” tandasnya.

Hardiono menambahkan, saat ini sedang melakukan penelusuran data dan investigasi terkait pasien dengan covid 19 (corona). “Tindak lanjutnya kami buat aduan cepat, menggunakan call center 112 yang ada di Kota Depok,”katanya.

Kemudian pendataan dan investigasi pasien covid 19, ini terus menerus terhadap pasien yang ada di RS Mitra Keluarga sebelumnya. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan hingga ke tingkat provinsi. Selain itu, sejumlah puskesmas yang ada di Kota Depok diminta untuk memantau pasien tanpa gejala.

“Penanganan terhadap pasien dengan gejala yakni penanganan rumah sakit dengan rujukan ke RSPI,” ungkapnya.

Sementara itu manajemen Rumah Sakit Mitra Keluarga belum memberikan keterangan perihal adanya kasus tersebut.

Pantauan di lokasi masih berjalan seperti biasa, sementara sejumlah petugas mengenakan masker. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here