Wartawan Diharapkan Mampu Jaga Independensi

13
Pradi saat mengeluarkan jurus silat dalam palang pintu di kegiatan HPN

Beji | jurnaldepok.id
Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna mengajak insan pers untuk tetap mengedepankan independensi dalam memberikan informasi kepada publik.

Pernyataan itu dikatakannya saat menghadiri acara Semarak Hari Pers Nasional (HPN) yang diselenggarakan oleh wartawan se-Kota Depok di Balai Rakyat Depok Utara, Kelurahan Beji, Kecamatan Beji.

“Sebagai pilar ke empat dalam demokrasi, wartawan harus cerdas dalam memberikan informasi ke masyarakat. Serta profesional dan independen sesuai kode etik jurnalistik,” ujarnya seperti dilansir berita.depok.go.id, kemarin.

Ia menambahkan, insan pers juga berperan penting dalam proses pembangunan bangsa khususnya di Kota Depok. Selain memberitakan prestasi dan capaian kinerja pemerintah, imbuhnya, berita kritikan yang dihasilkan juga menjadi nilai positif untuk membangun kota.

“Mata dan telinga pers jauh lebih tajam dari kami (pemerintah). Untuk itu, kami sangat membutuhkan peran pers dalam membangun Kota Depok,” jelasnya.

Di lokasi yang sama Ketua Panitia Semarak HPN Kota Depok, Adi Rakasiwi menuturkan, HPN tahun ini mengusung tema ‘Insan Pers Mendukung Terwujudnya Kota Depok yang Unggul, Nyaman, dan Religius’. Dengan motto pers tidak bisa dibikin mati, dan pers tidak akan ada matinya.

“Saya berharap insan pers semakin maju, guyub, dan kompak. Baik dengan Pemkot Depok maupun instansi vertikal lainnya,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here