Sehari Gasak Tiga Kendaraan, Komplotan Maling Motor Diringkus

58
Inilah para pelaku kejahatan pencurian kendaraan bermotor yang berhasil diringkus aparat kepolisian

Bojonggede | jurnaldepok.id
Unit Buru Sergap (Buser) Polsek Bojonggede berhasil meringkus kawanan pelaku pencurian bermotor (ranmor) di wilayah Bojonggede, Kabupaten Bogor, yang diketahui telah melancarkan aksinya lebih dari dua tahun.

“Tiga pelaku yang berhasil diamankan anggota kami berinisial DS (18), RZ (19) dan KA (26) ketiganya berhasil ditangkap setelah anggota kami berhasil melacak jejak pelaku di kawasan Bojonggede, Kabupaten Bogor,” kata Kapolsek Bojonggede, Kompol Supriyadi saat ditemui Jurnal Depok, Kamis (27/2).

Lebih jauh Supriyadi mengatakan, sasaran para pelaku adalah motor yang terparkir dihalaman rumah, dalam satu hari komplotan ranmor tersebut mampu menggasak tiga motor sekaligus di sejumlah wilayah di Depok dan Bogor.

“Biasanya sehari pelaku bisa menggasak sampai tiga motor tapi kadang juga dalam sehari mereka (pelaku,red) hanya bisa satu motor. Untuk aksi yang dilakukan pelaku tergolong sudah lama juga, karena mereka sudah dua tahun lebih melancarkan aksinya,” ujarnya

Supriyadi menerangkan, dari hasil pemeriksaan sementara, tersangka DS adalah pelaku yang paling lama, sedangkan kedua pelaku lainnya yakni RZ dan KA mengaku baru sekali beraksi dan diajak oleh DS

“Jadi pelaku DS ini merupakan otak dari aksi ranmor yang dilakukan, karena berdasarkan keterangan dua pelaku lainnya mereka diajak DS, dari tangan pelaku kami berhasil mengamankan barang bukti enam unit sepeda motor jenis matik dan kunci leter T yang digunakan pelaku dalam melancarkan aksinya,” paparnya.

Kepada polisi tersangka mengaku, biasa menjual barang curiannya melalui media sosial seperti facebook dengan harga Rp. 800 ribu hingga Rp. 1,5 juta tergantung merek dan kondisi.

“Pelaku memasarkan barang curiannya menggunakan media social Facebook, disanalah mereka bertransaksi dengan para pembelinya, untuk harga sendiri, mereka menjual sesuai merek dan kondisi sepeda motor yang mereka curi,” terangnya.

Atas perbuatannya, ketiganya diancam dengan jeratan Pasal 363 tentang tindak pidana pencurian dengan ancaman kurungan penjara diatas lima tahun.

“Pasal yang kami sangkakan pada tersangka yakni Pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian, dan berkasnya akan segera kami limpahkan ke pengadilan. Selain itu kami juga akan terus mengembangkan kasus ini, karena tidak menutup kemungkinan aka nada tersangka lain,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here