Banyak Inovasi dalam Ketahanan Keluarga, Depok Disematkan The Best Creator

105
Ketua Komisi D Direktur Bina Ketahanan Remaja Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional dan Kepala DPAPMK saat menandatangani berita acara Forum OPD DPAPMK

Margonda | jurnaldepok.id
Direktur Bina Ketahanan Remaja Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, Eka Sulistia Ediningsih menyebut Kota Depok sebagai The Best Creator dalam pembangunan keluarga. Sebutan The Best Creator disematkan karena sudah memiliki banyak inovasi.

“Dengan demikian Kota Depok menjadi inspirasi yang bisa ditiru daerah lain. Contoh, kalau dilihat prestasi, Duta Generasi Berencana (Genre) tahun 2019 berasal dari Depok, dan itu memiliki program kerja luar biasa yang dihasilkan dari anak muda Depok,” ujar Eka, kemarin.

Pernyataan Eka diungkapkan usai menjadi narasumber dalam Forum Renja OPD Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK).

Selain itu, sambungnya, kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR) Pepaya yang berada di Pencoran Mas memiliki program yang sangat kreatif.

“Sebab, dalam setiap kegiatannya memberikan edukasi pada keluarga dengan cara baru dan tidak memakai cara lama yang konvensional. BKR Pepaya ini menggabungkan edukasi kepada keluarga dan remaja secara bersama-sama. Ini inspirasi yang sangat bagus sekali dan dibutuhkan generasi milenial,” paparnya.

Lebih lanjut, sambungnya, mengapa Depok disebut sebagai The Best Creator karena Depok telah menjalankan program Sekolah Pra Nikah (SPN). Bahkan Depok sudah mewisuda para calon pengantin.

“Tentu materi yang diberi tidak membosankan dan sangat kekinian. Selain itu ada juga sekolah ayah bunda, dengan materi yang sangat bagus dan yang baru bagi banyak wilayah yakni mengenai pengasuhan ayah,” katanya.

Dikatakannya, peran ayah dalam tumbuh kembang anak sangat dibutuhkan bagi generasi penerus bangsa.

“Adanya sesi pengasuhan ayah ini keren banget. Karena ayah dan ibu harus bersama-sama untuk mengiringi tumbuh kembang anak agar optimal,” tuturnya.

Dirinya berharap dengan adanya kesungguhan Depok dalam pembangunan keluarga bisa lebih terimplementasikan dengan baik. Dengan begitu, ke depannya dapat terwujud keluarga berkualitas yang tentram, mandiri, dan bahagia. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here