Putus Sekolah, TC Nekat jadi Kurir Narkoba

82
Inilah barang bukti narkoba yang berhasil disita polisi

Tapos | jurnaldepok.id
TC (17), remaja putus sekolah menjadi kurir narkoba. Ia ditangkap aparat Satuan Narkoba di rumahnya di Jalan Kapitan, Kelurahan Sukatani, Kecamatan Tapos.

Kasat Narkoba Polresta Depok, Kompol Indra Tarigan kepada wartawan mengatakan, penangkapan pelaku berdasarkan atas laporan dari masyarakat penggunaan narkoba jenis sabu dan ganja.

“Pelaku tidak dapat berkelit setelah ada informasi warga yang diketahui menjadi kurir pengedar narkotika jenis sabu dan ganja, ia menjadi target operasi dari anggota kami,” ujarnya, kemarin.

Penggeledahan dilakukan di sekitar rumah yang ditempati nenek dan kakek pelaku. Petugas mendapatkan barang bukti sejumlah bungkusan ganja dan sabu.

“Untuk barang bukti ganja masih dalam bentuk batang ada 150 gram, daun ganja 2,4 gram dan sabu 23 bungkus seberat 8 gram dengan nominal materi hingga puluhan juta rupiah,” paparnya.

Selain itu peran TC adalah kurir, setelah mendapat telepon dari seseorang di Depok ia langsung mengantarkan barang narkotika sabu atau ganja ke orang yang telah ditunjuk.

“Profesi kurir TC ini sudah dilakukan sebanyak dua kali dengan upah mencapai Rp 600 ribu sekali anter atau kirim. Uang yang didapatkan itu dipergunakan untuk menghidupi kedua orang nenek dan kakek nya yang sudah tua, lantaran pelaku ini hidup sendiri setelah ditinggal kedua orang tuanya pisah,” katanya.

Sementara itu berdasarkan pengakuan pelaku, setelah ditinggal hidup pisah kedua orang tua karena bercerai TC menumpang hidup di rumah neneknya. Sementara itu, TC mengatakan dirinya menjadi kurir ganja karena untuk memenuhi kehidupan sehari-sehari.

“Kedua kakek dan nenek saya sudah tua renta usia 70 tahunan sehingga tidak mungkin untuk numpang hidup saja, terpaksa jalan satu-satunya menjadi kurir narkoba untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,” akunya.

Meski tahu melanggar hukum, TC terpaksa menjadi kurir narkoba lantaran sulit mencari pekerjaan.

“Uang yang kami dapatkan jadi kurir narkoba buat memenuhi kebutuhan hidup di rumah, karena nenek dan kakek sudah tidak bekerja,”katanya.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, pelaku dikenakan tindak pidana penyalahgunaan narkotika jenis sabu dan ganja UU RI Nomor 35 Tahun 2009 ancaman pidana diatas 10 tahun. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here