Hore…Gerbang Tol Sawangan 4 Depok-Antasari Dioperasikan Awal April

11973
Tampak depan Gerbang Tol Sawangan 4 Depok-Antasari yang berada dibibir Jalan Raya Sawangan

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Penantian panjang warga Depok khususnya warga Sawangan yang mendambakan adanya jalan tol akan segera terealisasi. Teka teki kapan Tol Depok-Antasari (Desari) seksi II yang berada di Jalan Raya Sawangan beroperasi pun kini terjawab sudah. Rencananya tol yang menghubungkan Raya Sawangan hingga Brigif itu mulai dapat digunakan pada April mendatang.

“Estimasi dan rencana jadwal itu sekitar awal April. Sebelum dioperasikan kami harus minta persetujuan dan izin laik fungsi, pengelaman terdahulu sekitar satu bulan. Laik fungsi ini kami akan lakukan Maret nanti,” ujar Widijanto, Project Manager PT Citra Waspphutowa kepada Jurnal Depok, Kamis (20/2).

Setelah laik fungsi dilakukan, sambungnya, baru di bulan April jalan tol dapat dioperasikan. Ia mengatakan, bahwa laik fungsi bukanlah uji coba namun tahapan yang dilakukan oleh tim laik fungsi dari Kementerian PUPR, Perhubungan Darat dan Korlantas.

“Selama satu bulan akan dicek seluruh kelengkapannya oleh tim laik fungsi baik dari sisi keselamatan jalan seperti pagar gadril, rambu petunjuk, marka jalan hingga pagar yang menutup agar tidak ada pejalan kaki yang menyebrang di jalan tol,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, panjang Tol Desari seksi II mencapai 6,2 kilo meter. Sementara pembangunan lanjutan dari Sawangan ke Bojonggede akan dilakukan di tahun ini dengan terlebih dahulu melakukan pembebasan lahan.

Jika nanti proses pembebasan lahan yang didapat cukup panjang dan luas, kata dia, maka akan dilanjutkan kembali proses pembangunannya hingga Bojonggede.

“Nanti itu masuk seksi III dengan panjang sekitar 9,5 kilo meter dari Sawangan. Untuk tarif (Gerbang Tol Sawangan 4,red) itu kewenangan dari Kementerian PUPR, nanti keputusannya dari kementerian,” terangnya.

Saat ini pihaknya juga tengah melakukan pelebaran jalan tepatnya di pintu masuk dan keluar jalan tol yang berada persis di bibir Jalan Raya Sawangan. Hal itu dilakukan guna memperlancar arus lalu lintas baik yang akan masuk maupun keluar jalan tol.

“Untuk sisi utara Jalan Raya Sawangan sudah diperpanjang sekitar 300 meter, nantinya lebarnya skitar 12 sampai 15 meter (ruangnya,red) dari Jalan Raya Sawangan. Kalau pengerasannya sekitar 12 meter,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here