Permintaan Wali Kota Direspon, Jalan Raya Sawangan Diperlebar Tahun 2023

2199
Terlihat salah satu pohon yang rawan tumbang berada di Jalan Raya Sawangan tepatnya di tanjakan Parung Bingung, Pancoran Mas. Akar pohon berada di tebing dan dahannya melintang ke jalan

Margonda | jurnaldepok.id
Usulan Wali Kota Depok, Mohammad Idris terkait pelebaran Jalan Raya Sawangan sebelum dioperasikannya gerbang Tol Desari direspon positif oleh Kementerian PUPR.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, H Dadang Wihana saat menggelar rapat Andalalin Tol Desari Seksi II yang dipimpin Direktur Lalin BPTJ.

“Menindaklanjuti arahan Pak Wali terkait usulan pelebaran Jalan Raya Sawangan, siang ini (kemarin,red) sudah dilaksanakan rapat Andalalin Tol Desari Seksi II,” ujar Dadang kepada Jurnal Depok, Rabu (19/2).

Dikatakan Dadang, target pelebaran Jalan Raya Sawangan mulai dari Simpang Kodim hingga Parung Bingung baru akan terealisasi di tahun 2023.

“Untuk jangka pendek saat ini pelebaran sekitar 300 meter ke timur dan 300 meter ke barat dari on off ramp Sawangan. Saat ini sedang diintervensi pengembang dengan dilengkapi U-Turn dan APILL,” paparnya.

Direktur Lalu Lintas Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Zamrides pun mendukung usulan Kota Depok.

“Yang memang sudah dikaji secara konprehensif oleh konsultan, nantinya BPTJ juga akan melengkapi APILL yang dibutuhkan sesuai kewenangan BPTJ,” ungkapnya.

Rapat koordinasi yang dipimpin Direktur Lalin BPTJ, dihadiri juga unsur Kemen PUPR, BPJT, BBPJN dan Kepolisian.

Sebelumnya Wali Kota Depok, Mohammad Idris meminta pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian PUPR untuk melakukan pelebaran Jalan Raya Sawangan terlebih dahulu sebelum dioperasikannya Gerbang Tol Desari di wilayah tersebut.

Pasalnya, jalan raya tersebut kewenangannya ada di pemeritah pusat dan menyandang status jalan nasional.

“Informasi awal akan dioperasikan tahun ini, kami minta ada semacam persiapan dan antisipasi gangguan lalu lintas. Mereka harus action diantaranya melakukan pelebaran jalan dari fly over tol ke arah timur tepatnya simpang Kodim dan ke arah barat hingga Parung Bingung,” ujar Idris kepada Jurnal Depok, Selasa (18/2).

Hal itu, kata Idris, tertuang dalam persentasi pengerjaan proyek Tol Desari beberapa waktu lalu. Nantinya, sambung Idris, Jalan Raya Sawangan akan dipelebar tiga meter berikut pembebasan lahan dan pembangunannya.

“Kalau dari arah Bojongsari yang dipelebar sebalah saja yakni sebelah kiri. Itu wajib dipelebar. Kalau sisi kanan nanti dilakukan studi kelayakannya, sebab jika sebelah kanan (dari arah Bojongsari,red) banyak utilitas seperti kabel listrik, PDAM dan vendor-vendor telekomunikasi,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, ketika jalan sudah dipelebar diharapkan mampu meminimalisir kemacetan kendaraan baik yang melintas maupun yang keluar masuk jalan tol. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here