Jelang Pendaftaran Calon Independen, Komisioner KPU RI Cek Kesiapan KPU Depok

16
Ketua KPU Depok saat berbincang dengan Komisioner KPU RI

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Komisioner KPU RI, Viryan Aziz berkunjung ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Depok. Kedatangan Aziz disambut langsung oleh Ketua KPU Depok, Nana Shobarna didampingi empat komisioner lainnya.

Kedatangan Aziz ke kantor KPU Depok selain membahas pelaksanaan tahapan menuju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Depok tanggal 23 September 2020, juga memberi pembekalan kepada segenap jajaran KPU Depok dalam apel sore.

Dalam kesempatan itu Nana menerangkan kepada Aziz bahwa menjelang tahap penyerahan dokumen syarat dukungan calon perseorangan dilakukan dua kali simulasi.

Dalam simulasi kedua, yang diawali dengan rapat koordinasi dengan unsur TNI-Polri, Bawaslu dan pihak pemerintah daerah, tanggal 17 Februari 2020, juga dihadiri liaison officer (LO) bakal pasangan calon perseorangan (bapaslon)

“Satu bapaslon sudah mengambil user name dan mendapat pasword dari KPU Depok untuk menginput data dukungan ke Silon,” ujar Nana, Rabu (19/2).

Adapun penyerahan dokumen syarat dukungan bapaslon, lanjutnya, dimulai tanggal 19 Februari 2020 hingga tanggal 23 Februari 2020.

Sementara itu dalam apel, Komisioner KPU RI, Viryan Aziz mengingatkan agar prosesi penerimaan berkas dokumen syarat dukungan bapaslon perseorangan dicatat dan diteliti dengan cermat. Termasuk jam kedatangan bapaslon dan timnya harus dicatat dengan baik.

“Apalagi bila bapaslon dan timnya datang untuk menyerahkan dokumen syarat dukungan di tanggal menjelang penyerahan berkas berakhir. Hal ini untuk menjadi bukti manakala ada pemeriksaan dari DKPP,” ungkap Aziz.

Aziz pun mengingatkan agar petugas memeriksa dengan cermat legalitas kartu tanda penduduk (KTP).

“Sebab, jangan sampai yang diserahkan KTP palsu, mengingat aparat kepolisian sudah mengungkap kejahatan pemalsu KTP,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here