Wakili Depok ke Provinsi, Bojongsari Target Masuk Tiga Besar

89
Wali Kota Depok saat memberikan arahan jelang lomba sinergitas kecamatan

Laporan: Rahmat Tarmuji
Kecamatan Bojongsari menjadi wakil Kota Depok dalam Lomba Sinergitas tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Berbagai persiapan tengah dilakukan, termasuk pembinaan yang dilakukan oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris. Ia berharap Kecamatan Bojongsari terus memperkuat komitmen kebersamaan dan kolaborasi Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka).

“Untuk menghadapi penilaian, tentu yang utama bagaimana peningkatan kualitas pelayanan public, dan sangat terkait sekali dengan Indeks Kepuasan Masyarakat,” ujar Mohammad Idris seperti dilansir berita.depok.go.id, kemarin.

Pernyataan itu dikatakan Idris usai memberikan arahan dalan Pembinaan Lomba Sinergitas Kecamatan di Aula Kecamatan Bojongsari.

Ia menambahkan, penilaian terbesar lainnya dalam lomba ini diantaranya terkait dengan inovasi yang dimiliki kecamatan. Serta yang paling disoroti berupa pengaduan masyarakat dan responsif kecamatan dalam menghadapinya.

Selain itu, sambungnya, terkait pula dengan pembangunan yang dilakukan di Kecamatan Bojongsari namun yang dikerjakan oleh Perangkat Daerah (PD) di lingkungan Pemkot Depok. Serta bagaimana pengelolaan anggaran kecamatan, maupun kapasitas aparatur kecamatan.

“Harus ada kesamaan persepsi dan pemahaman diantara aparatur kecamatan, kerja yang dilakukan juga harus seirama,” katanya.

Dirinya menambahkan, penilaian Lomba Kinerja Kecamatan ini tidak dapat ditentukan waktu tepatnya hanya di sekitar bulan Maret. Sehingga jika kecamatan membutuhkan ada yang perlu dibenahi dan dilengkapi bisa langsung berkoordinasi dengan PD yang terkait.

Seperti misalnya, lanjut Idris, ke Dinas Koperasi Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok apabila ada produk UMKM Bojongsari yang harus diangkat namun harus mendapatkan izin, atau tempatnya untuk diusulkan segera.

“Selain itu bisa berkomunikasi ke Dinas Perhubungan (Dishub) apabila ada wilayah di kelurahan yang membutuhkan penerangan jalan, ataupun rekayasa lalu lintas (Lalin) yang ramah lansia. Ke Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok yang terkait dengan kegiatan forum anak atau Kampung KB untuk segera diperindah,” ungkapnya.

Camat Bojongsari, Dede Hidayat mengaku siap menghadapi lomba tersebut. Terlebih, dirinya memiliki target masuk tiga besar dalam lomba itu.

“Target kami masuk tiga besar. Ada beberapa inovasi unggulan yang bakal kami tampilkan diantaranya Siap Melayani Masyarakat (Si Mamat) serta Sisi Pelayanan Cepat dan Transparan (Si Pecut),” pungkasnya. n

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here