PKM, Dosen Unpam Kenalkan Digital Marketing ke Siswa SMK Lingga Kencana

68
Dosen Unpam foto bersama dengan siswa SMK Lingga Kencana

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Guna menjalankan tri dharma perguruan tinggi, Dosen Universitas Pamulang (Unpam) belum lama ini menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

PKM diselenggarakan di SMK Lingga Kencana Depok, Yayasan Kesejahteraan Sosial (YKS). PKM yang mengmbil tema Pengenalan Digital Marketing Dan Pelatihan E-Commerce Sebagai Bentuk Kewirausahaan Dini Bagi Pelajar SMK Lingga Kencana Depok diikuti oleh puluhan siswa.

“Kegiatan PKM ini bertujuan untuk membahas bentuk strategi yang digunakan dalam perkembangan teknologi ke depan. Pengenalan digital marketing dan pelatihan e-commerce memiliki peranan penting dalam strategi pemasaran terutama sebagai bentuk kewirausahaan dini bagi pelajar SMK Lingga Kencana Depok,” ujar Hasanudin, Dosen Universitas Pamulang kepada Jurnal Depok, kemarin.

Adapun metode yang dilakukan, sambungnya, berupa penyampaian materi dalam bentuk teori presentasi dan praktik atau penerapan pembuatan konten digital marketing baik melalui media sosial maupun melalui e-commerce.

“Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sebelum pelaksanaan PKM, para pelajar SMK Lingga Kencana Depok belum begitu mengenal istilah-istilah terkait dengan pemasaran produk lewat media online, namun setelah pelaksaan kegiatan diketahui para pelajar SMK Lingga Kencana Depok dapat memahami dasar-dasar pemasaran melaui media sosial ataupun melalui e-commerce secara sederhana,” paparnya.

Ia menambahkan, kegiatan PKM berperan positif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam pemasaran ataupun penjualan melalui digital marketing dan e-commerce .

Metode kegiatan yang digunakan adalah bekerjasama dengan SMK Lingga Kencana Depok yang berada di Jalan Raya Sawangan no. 47, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat.

“Dari siti dicari pemasalahan yang ada di tempat tersebut sehingga dapat memberikan solusi yang tepat dalam memotivasi para peserta yang adalah pelajar SMK, sehingga mereka bisa memanfaatkan perkembangan pemasaran dan penjualan secara online dengan tepat sasaran,” katanya.

Dosen Unpam lainnya yakni, Siti Aprilliani menyimpulkan, setelah di analisis maka pihaknya memberikan pelatihan dalam bentuk materi dan praktik yang bertujuan mengembangkan kemampuan para pelajar SMK untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan via media daring (online).

Kegiatan itu juga diikuti oleh para Dosen Unpam lainnya seperti Ananda Hadistia, Ayu Puspa Lestiyadi dan Ani Meryati. n Rahmat Tarmuji

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here