Lagi, Depok Dilanda Bencana

128
Sebuah alat berat diterjunkan untuk melakukan normalisasi Kali Jantung

Cilodong | jurnaldepok.id
Masih teringat musibah bencana di awal Januari 2020 kemarin. Hampir 11 kecamatan di Kota Depok mengalami banjir, dan kondisi itu kini kembali terjadi. Kali ini banjir melanda Perumahan Tirta Mandala, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, ratusan rumah pun diinformasikan terendam banjir.

Agar banjir tidak meluas, petugas tim gabungan membangun tanggul sementara untuk mengantisipasi air Kali Jantung masuk ke pemukiman penduduk. Satu alat berat telah dikerahkan untuk mengangkat timbunan material yang berada di Kali Jantung.

Kepala Dinas Pemadam Kebarann dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok, Gandara Budiana mengungkapkan, untuk sementara pihaknya akan membuat tanggul seadanya guna mengurangi debit air yang meluap dari kali.

“Tadi kan ini (longsoran,red) nutup kali, kami lihat volume air semakin besar, sudah dilakukan gotong royong yang nutup kalinya, sehingga debit air semakin berkurang, sementara kami buat tanggul dulu dari material yang ada,” ujarnya, kemarin.

Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dinas PUPR untuk segera menurunkan alat berat dan membangun tanggul permanen.

Gandara pun mengimbau, agar warga yang berada di pinggiran kali lebih waspada. Sebab masih ada bagian tebing yang rawan longsor.

Danramil 05 Sukmajaya, Kapten (Inf) Suyono menambahkan, pihaknya menurunkan anggotanya untuk meminalisir luapan air Kali Jantung yang masuk ke pemukiman warga di Pondok Tirta Mandala.

“Anggota kami turunkan bergabung dengan tim lainnya untuk meminalisir banjir di lokasi kejadian,”katanya.

Hujan yang mengguyur Kota Depok pada, Sabtu(15/2) menyebabkan longsor dan jebolnya turap sehingga ratusan rumah di Komplek Perumahan Tirta Mandala terendam. Di lokasi kejadian material longsor menutup sebagian aliran kali yang melintas di perumahan tersebut.

Imbasnya, air meluap dan merendam ratusan rumah warga yang berada di lima RT lingkungan RW 18.

“Ada ratusan rumah yang terendam. Ini akibat ada longsor jadi air semakin tinggi,” kata salah satu anggota Tagana Depok, Doni

Sejumlah petugas dari Tagana, Polisi dan TNI dibantu sejumlah warga sedang berupaya keras mengangkat material longsor yang menutup kali dengan alat seadanya.

Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas PUPR untuk menangani persoalan itu.

“Sudah saya kontak PUPR untuk kirim alat berat. Kami imbau warga tetap tenang,” katanya.

Sementara itu, Wakspolsek Sukmajaya, AKP Budi dan beberapa personilnya diturunkan di lokasi banjir.

Sementara itu hujan yang mengguyur Kota Depok pada, Minggu (16/2) menyebabkan kawasan perumahan di Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong, terendam banjir.

Banjir juga masih merendam kawasan Perumahan Pondok Tirta Mandala.

“Hujan lagi, kawasan Tirta Mandala banjir lagi,”kata salah satu warga Syahrul.

Pohon tumbang juga terjadi di Jalan Raya Limo, Kecamatan Limo, persisnya tepatnya di SMK Nasional. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here