Maju dari Jalur Independen, Pasangan Dasep ‘Ditolak’ KPU

353
Pasangan Dasep saat menyerahkan berkas syarat dukungan ke Kantor KPU dalam simulasi

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Pasangan Wali Kota-Wakil Wali Kota Depok, Dani-Asep (Dasep) yang mencalonkan diri dari jalur perseorangan atau independen terpaksa ditolak oleh pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok lantaran berkas persyaratan yang diajukan tidak memenuhi syarat.

Pasangan Dasep pun harus menelan pil pahit pasca ditolaknya mereka oleh KPU. Padahal, Dasep telah memboyong ratusan pendukungnya ke KPU untuk menemani pendaftaran.

Hal itulah yang tercermin dalam simulasi penyerahan syarat dan penelitian dukungan dari bakal calon perseorangan. Pihak KPU ingin melengkapi hal teknis bagaimana pada saat penyerahan dukungan nantinya.

“Kami lakukan simulasi untuk melihat kesiapan staf KPU dan memahami rincian kegiatan yang harus dilakukan, dan dari pihak calonnya juga siap,” ujar Holil Pasaribu, Komisioner KPU Depok, Kamis (13/2).

Ia menambahkan, persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon perorangan sekurang-kurangnya adal lima dokumen yakni dokumen mandat, fakta integritas, dokumen B1KWK Perseorangan (formulir dukungan dari orang per orang), B11KWK Perseorangan (rekapitulasi untuk kelurahan), B2KWK Perseorangan (reakpitulasi tingkat kecamatan).

“Kalau mereka datangnya pada 19-22 Februari dan datanya belum lengkap, maka kami kembalikan semua dokumennya untuk dilengkapi. Mereka bisa datang lagi sepanjang waktu masih tersedia yakni 23 Februari 2020 pukul 24.00WIB,” paparnya yang didampingi komisioner lainnya, Ahmad Soleh Firdaus Habibi

Namun, sambungnya, jika lewat dari tanggal itu, pihaknya tidak bisa lagi menerima dan akan mengeluarkan dua dokumen yakni tanda pengembalian dan akan dituliskan berita acara BA1KWK Perseorangan yang menyatakan bahwa yang bersangkutan tidak memenuhi syarat.

“Jadi, terakhir kami terima berkas dari calon perseorangan pada 23 Februari pukul 24.00WIB,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here